nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UI dan Universitas Jepang Kerjasama Double Degree S3 untuk Program Studi Fisika

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 17:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 13 65 1977317 ui-dan-universitas-jepang-kerjasama-double-degree-s3-untuk-program-studi-fisika-hOLKHlA9Vp.jpg Foto: Universitas Indonesia

JAKARTA - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) melalui Departemen Fisika melakukan rangkaian kegiatan visitasi ke beberapa universitas dan lembaga riset di Jepang pada tanggal 5 – 10 November 2018.

Dalam rangkaian visitasi tersebut dilakukan penandatanganan kerjasama program Double Degree S3 antara Program Studi Ilmu Material Departemen Fisika FMIPA UI dan Department of Condensed Matter Physics Hokkaido University.

Baca Juga: Tingkatkan Wawasan Anak, Fakultas Teknik UI Dirikan Pondok IPTEK

Selain itu, Departemen Fisika FMIPA UI juga melakukan diskusi kerjasama dengan pimpinan fakultas di beberapa universitas serta lembaga penelitian di Jepang, seperti Graduate School of Science and School of Science Hokkaido University, dan Institute of Materials Research Tohoku University. 

Kegiatan diskusi antar kedua belah pihak ini bertujuan untuk mendapatkan skema kerjasama akademik yang nyata dan menguntungkan kedua belah pihak. Hal itu disampaikan oleh Dr. Vivi Fauzia selaku Ketua Program Studi S2/S3 Ilmu Material Departemen Fisika FMIPA UI.

UI

Dr. rer. nat. Abdul Haris, selaku Dekan FMIPA UI mengungkapkan kerjasama tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan visi FMIPA UI, yakni menjadi fakultas sains unggulan di bidang matematika dan sains yang mampu berperan di tingkat global guna memajukan sains dan pembangunan berkelanjutan.

Melalui kerja sama internasional dengan lembaga-lembaga pendidikan dan penelitian terkemuka di luar negeri, FMIPA UI berharap dapat meningkatkan daya saingnya di tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga:  Kantin Balik Semak FISIP UI, Kini Tersentuh Teknologi Digital

“Kolaborasi ini sangat penting, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan riset, sehingga FMIPA UI terus bertumbuh dan berdaya saing di level internasional,” ucap Haris dikutip dari website UI, Selasa (13/11/2018).

Terkait realisasi penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, Ketua Departemen Fisika, Dr. rer.nat. Agus Salam, menyampaikan akan segera melaksanakan kegiatan ini pada tahun 2019 melalui pengiriman 3 mahasiswa FMIPA UI.

Kegiatan visitasi ini dilaksanakan oleh tim yang merupakan staf pengajar Departemen Fisika FMIPA UI yang terdiri dari Dekan FMIPA UI yakni Dr.rer.nat Abdul Haris, Prof. Dr. rer.nat. Terry Mart (Ketua Dewan Guru Besar FMIPA UI), Dr.rer.nat. Agus Salam (Ketua Departemen Fisika FMIPA UI), Dr. Vivi Fauzia (Ketua Program Studi S2/S3 Ilmu Material), Dr. Budhy Kurniawan (Staf Pengajar Program Studi S2/S3 Ilmu Material).

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini