nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Otoritas Irlandia Selidiki Penampakan UFO yang Dilaporkan Beberapa Pilot

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 15:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 14 18 1977746 otoritas-irlandia-selidiki-penampakan-ufo-yang-dilaporkan-beberapa-pilot-I7JAWkImzt.jpg Ilustrasi.

DUBLIN – Otoritas Penerbangan Irlandia (IAA) melakukan penyelidikan terkait laporan terlihatnya cahaya terang dan obyek terbang yang tak teridentifikasi (UFO) di pantai barat daya negara itu. Penampakan cahaya dan benda misterius itu terjadi beberapa kali dan telah dilaporkan oleh beberapa pilot.

Laporan terlihatnya UFO tersebut bermula pada Jumat, 9 November pukul 06.47 waktu setempat ketika pilot British Airways menghubungi menara kontrol lalu lintas udara Bandara Shannon. Pilot itu bertanya apakah ada latihan militer di wilayah tersebut karena dia melihat ada benda yang terbang “sangat cepat”.

Menara di Shannon mengatakan tidak ada latihan militer yang sedang dilakukan saat itu.

Pilot pesawat yang terbang dari Montreal, Kanada ke Heathrow, Inggris itu mengatakan ada "cahaya yang sangat terang" dan objek itu telah muncul di sisi kiri pesawat sebelum "dengan cepat berbelok ke utara".

Pilot lain dari Maskapai Virgin mengikuti perbincangan itu dan menduga benda itu mungkin sebauh meteor atau obyek yang memasuki atmosfer. Dia mengatakan ada "beberapa benda mengikuti lintasan yang sama" dan benda-benda itu sangat terang.

Seperti pilot sebelumnya, dia mengatakan melihat ada dua cahaya terang di sebelah kanan pesawat yang secara cepat menambah kecepatan.

Salah seorang pilot lain mengatakan, kecepatan benda itu "sangat luar biasa, seperti Mach 2" - yang merupakan dua kali kecepatan suara.

IAA merespons laporan-laporan tersebut dan menyatakan akan melakukan penyelidikan.

"Menyusul laporan dari sejumlah kecil pesawat pada Jumat 9 November terkait aktivitas udara yang tidak biasa, IAA telah mengajukan laporan," demikian disampaikan otoritas penerbangan Irlandia itu dalam pernyataan yang dilansir BBC, Rabu (14/11/2018).

"Laporan ini akan diselidiki di bawah proses penyelidikan kejadian rahasia yang normal."

Sementara juru bicara dari Bandara Shannon menolak berkomentar mengenai insiden ini. Dia mengatakan bahwa bandara merasa tidak pantas untuk memberikan komentar di saat penyelidikan berlangsung.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini