nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai Besok, Garuda Indonesia Resmi Buka Rute Jakarta-Nias

Anggun Tifani, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 16:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 14 337 1977775 mulai-besok-garuda-indonesia-resmi-buka-rute-jakarta-nias-z42zvCFbJN.jpg Pesawat Garuda Indonesia (Foto: Okezone)

TANGERANG - Terhitung mulai besok, Garuda Indonesia mulai membuka rute penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Binaka Gunung Sitoli, Kepulauan Nias. Untuk awal pembukaan rute, akan ada tiga kali penerbangan ditiap minggunya.

"Armada CRJ Bombardier 1000 Next-Gen akan diterjunkan untuk mengangkut 96 penumpang sekali terbang. Untuk tahap awal, akan terbang setiap Selasa, Kamis dan Sabtu," ujar Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, saat acara penandatanganan kerjasama operasional layanan penerbangan Jakarta-Nias, di kantor Garuda, Rabu (14/11/2018).

Dikatakan Pikri, pihaknya menargetkan tingkat keterisian kursi penumpang dapat mencapai 70 persen untuk sekali perjalanan. Nantinya, jika minat konsumen terus meningkat, maka jumlah penerbangan akan ditambah menjadi 6 kali seminggu.

"Penerbangannya dari Jakarta akan berangkat pukul 07.35 WIB, dan sampai di Nias pukul 09.55 WIB atau selama 2 jam 20 menit," ucapnya.

Baca Juga: Delay Penerbangan Garuda, AP II: Situasi Sudah Kondusif

Garuda Indonesia

Pikri menjelaskan, untuk rute sebaliknya yakni, Nias-Jakarta akan transit di Padang. Pesawat akan diberangkatkan pukul 10.50 WIB dan tiba di Padang pukul 12.00 WIB, kemudian diberangkatkan kembali ke Jakarta pukul 12.50 WIB.

Untuk tarif tiket yang dikenakan disesuaikan dengan tarif atas dan tarif bawah dari Kementerian Perhubungan. Yakni mulai dari Rp1,4 juta untuk sekali perjalanan.

"Dengan begini, pangsa pasar utama yakni dari turis asing, bisa digaet dengan mudah. Kalau dikurskan ke dolar sekali berangkat itu kurang dari USD100 atau sekira USD90, itu sangat murah bagi mereka," kata Pikri.

Menurut penuturan Pikri, kedepannya CRJ Bombardier 1000 Next-Gen ini akan dibuat kelas ekonomi dan bisnis, 12 kursi bisnis dan sisanya untuk kelas ekonomi. Oleh karena itu, dari jauh-jauh hari mereka sudah mensosialisasikan di seluruh bandara, bila ingin ke Nias dari Amsterdam, Jepang, atau negara manapun dengan rute Garuda, bisa langsung ke Nias melalui Jakarta tanpa transit.

"Dengan begini, target Presiden Jokowi untuk mendatangkan 20 juta turis asing bisa terwujud," tukasnya.

Pejabat Garuda Indonesia

Baca Juga: Garuda Indonesia Pastikan Boeing 737 Max 8 Miliknya Layak Terbang

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini