nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seleksi CPNS 2018 Banyak yang Tak Lolos, JK Akui Adanya Kesenjangan Pendidikan di Indonesia

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 16:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 15 337 1978326 seleksi-cpns-2018-banyak-yang-tak-lolos-jk-akui-adanya-kesenjangan-pendidikan-di-indonesia-F9MDeU9q5u.jpg Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut tingkat pendidikan di pulau Jawa dan non Jawa mengalami kesenjangan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta CPNS 2018 yang tidak lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kalla mengungkapkan, sesuai laporan Menpan-RB Syafruddin, dari empat juta pelamar, yang lulus administrasi sebanyak 1,8 juta. Kemudian dari 1,8 juta itu yang lulus tahapan SKD sementara hanya 8 persen atau 100 ribu.

"8% itu berarti 100 ribu. Sedangkan yang dibtuhkan 200 ribu," kata Kalla saat memberikan keynote speech Tempo Economic Briefing, di Ritz Calton Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (15/11/2018).

Baca Juga: Wapres JK Minta Polri Usut Tuntas Kasus Pembakaran Bendera Tauhid

Jusuf Kalla

"Dan sangat terjadi perbedaan-perbedaan, antara yang terbaik dan yang di belakang. Artinya tingkat pendidikan kita mengalami gap yang besar antara Jawa dan luar Jawa, gap yang besar," sambungnya.

Indonesia, sambung Kalla, perlu segera mengatasi kesenjangan pendidikan untuk menghadapi masa revolusi industri 4.0. Apalagi, kemajuan teknologi di masa ini tak terbendung sehingga mengarah pada otomatisasi dan robotik.

“Artinya bukan hanya teknologi tapi juga mendidik orang untuk bisa ikuti ini. Intisarinya teknologi yang maju gak bisa dihentikan. Bisakah kita bekerja lebih baik dari teknologi yang akan datang? Pasti tidak mudah,” tukas Kalla.

Tes CPNS

Baca Juga: 4 Tahun Jokowi-JK Tak Ada Pembangunan Infrastruktur yang Mangkrak

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini