nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Kuliah S1 hingga S3 di Amerika? Begini Mekanismenya

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 20:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 65 1978441 ingin-kuliah-s1-hingga-s3-di-amerika-begini-mekanismenya-Eeumia4Fl0.png Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Banyak siswa yang memiliki impian sekolah di Amerika. Tapi biasanya mereka terkendala cara dan bagaimana mewujudkannya.

Menyambut antusias tersebut, Departemen Luar Negeri AS dan Departemen Pendidikan AS akan merayakan Pekan Pendidikan International (International Education Week/IEW) yang digelar 12-16 November 2018 di @America, Jakarta.

IEW ini ditujukan untuk mendorong warga Amerika untuk mencari peluang belajar di luar negeri dan menyambut pelajar internasional yang belajar di Amerika. Amerika menyediakan konsultan education, Anda akan dibimbing dari awal sampai pada akhirnya Anda terdaftar pada universitas yang diinginkan, ada 5 langkah bimbingan yang bisa didapatkan.

“Education America, itu network dari pemerintahan Amerika untuk membantu semua orang yang ingin bersekolah di Amerika mulai dari S1, S2, S3. Hal yang kita bantu adalah ada 5 step. Step pertama mencari sekolah yang cocok untuk siswa ini. Kedua tentang aplikasi. Jadi kita di sini bantuin siswa mulai dari bacain essay resume cara mengisi aplikasi seperti apa lalu kita juga membantu mencarikan beasiswa, lalu visa. Jadi kita bantuin dari dia enggak tahu sampai akhirnya siap banget untuk berangkat,” ucap Advisor Education America Caroline Paramitha, Kamis (15/11/2018).

Lalu, lanjutnya calon siswa tidak perlu pusing untuk karena Education America mempunyai 8 kantor yang berada di Indonesia 2 kantor di Jakarta, Surabaya, Malang, Aceh, Medan, Makassar. Jika calon siswa ingin melakukan bisa konsultasi maka langsung datang ke kantor di kota yang disebutkan.

“Jadi kita punya 2 kantor di Jakarta satu di America Embassy, dan di @ America, Surabaya, 2 di malang, Aceh, Medan, Makassar. Lalu, kalau ingin datang untuk konsultasi langsung datang saja. Tapi jika ada di Embassy maka harus bikin perjanjian terlebih dahulu, tapi kalau selain itu bisa langsung saja datang pada jam kerja,” ucapnya.

Untuk berkas sebaiknya Anda harus lebih aktif pada organisasi, atau acara-acara sosial di lingkungan. Karena tidak hanya rapor yang bagus saja namun harus secara keseluruhan yang akan dinilai oleh Universitas di Amerika.

“Untuk nilai, kita melihat tidak hanya nilai persatuan namun secara keseluruhan, ditambah harus aktif pada acara acara volunteer, acara sosial, atau organisasi yang ada di lingkungan,” tambahnya. (yau)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini