nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Kuliah Amerika, Berapa Sih Estimasi Biaya Pendidikannya?

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 20:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 65 1978448 ingin-kuliah-amerika-berapa-sih-estimasi-biaya-pendidikannya-eD5EtNJjOL.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Undang-undang yang dibuat oleh Presiden Donald Trump mengakibatkan mahasiswa yang ingin bersekolah di sana menjadi menurun. namun ini tidak menyurutkan niat Karima Nurrahmi Yulia, alumni India University, Amerika Serikat (AS).

Saat ditemui oleh Okezone, Kedutaan Besar (Kedubes) AS, dia menceritakan pengalaman bagaimana ketika dia ingin bersekolah di Negeri Paman Sam tersebut. Berdasarkan pengalamannya, ketika terbersit ingin bersekolah di Amerika maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah riset tentang biaya hidup, universitas yang cocok, dan kendaraan umum.

Baca Juga: Jumlah Mahasiswa Asing di Amerika Mendadak Turun, Apa Penyebabnya?

“Kalau aku dulu nyari biaya hidupnya gimana, universitasnya, jurusan, dekat enggak dari pasar atau tempat hangout, atau kendaraan umumnya gimana? Gampang atau susah,” ucapnya.

Untuk biaya hidup, itu tergantung dari kota mana yang akan dipilih. Jika kota besar seperti New York, Washington DC, maka perlu biaya hidup yang tinggi, namun jika memilih kota kota kecil maka perlu biaya yang tidak begitu banyak.

kampus

“Aku kemarin tinggal di Indiana, jadi itu kota kecil dan setahun aku ngabisin biaya USD23.000 sekira Rp356 juta (Rp15.500 per USD). Lalu juga kampus aku menyediakan transportasi umum kalau hari biasa 15 menit sekali datang tapi kalau weekend bisa sejam sekali,” tambahnya.

Di Amerika Anda tidak perlu takut akan rasisme bagi yang muslim, bahkan dosen yang mengajar tidak mempermasalahkan jika Anda akan pergi untuk salat ketika jam pelajaran berlangsung.

Baca Juga: 25 Universitas Amerika Serikat Siap Tampung Mahasiswa Indonesia

“Di Amerika sendiri merupakan negara yang toleransinya tinggi. Kalian bisa tanya alumni-alumni yang pernah bersekolah di sana. Ketika ingin salat kalian bisa izin ke dosen, maka dosen akan memberikan waktu 10 hingga 20 menit untuk salat,” ucap Karima.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini