Eks Bangunan Pasar Angsoduo Jadi Lumbung Rezeki Pemulung

Azhari Sultan, Okezone · Jum'at 16 November 2018 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 16 340 1978822 eks-bangunan-pasar-angsoduo-jadi-lumbung-rezeki-pemulung-6Gnka3dPBE.jpg Pemulung sedang mengais rezeki di Pasar Angsoduo (Foto: Azhari Sultan)

JAMBI - Pascarelokasi Pasar Tradisional Angsoduo Lama ke Pasar Modern Angsoduo Baru, Minggu 11 November 2018 lalu, eks Pasar Tradisional Angsoduo lama sudah dibongkar petugas pemerintah setempat.

Bangunan kios atau lapak, baik permanen atau semi permanen sudah rata dengan tanah. Rupanya, kejadian tersebut menjadi berkah sendiri bagi para pemulung.

Betapa tidak, mereka memanfaatkan sisa-sisa bangunan, seperti besi-besi dan barang lainnya untuk dimanfaatkan dan dijadikan sebuah rezeki bagi keluarganya.

(Baca Juga: Relokasi Pedagang Angsoduo, Petugas Pasang Pagar dan Putus Aliran Listrik dan Air PDAM)

Salah satu pemulung, Samsudin mengatakan, sengaja datang ke bekas Pasar Angsoduo lama untuk mencari sisa-sisa bangunan yang tidak digunakan lagi.

"Biasanya kita keliling dari tong sampah satu ke tempat yang lain bang. Tapi, baru hari ini kita ambil besi dari sisa bangunan yang dirobohkan ini," katanya, Jumat (16/11/2018).

Pemulung sedang mengais rezeki di Pasar Angsoduo 

Diakuinya, dalam per hari memulung bisa membawa pulang sebanyak 50 kilogram besi. Bila dijual, per kilogramnya sebesar Rp4.000. "Satu harinya bisa bawa pulang Rp150 sampai Rp200 ribu bang, dari hasil jual besi," ungkap Samsudin.

Pemulung lainnya, Ismail mengaku beruntung dengan adanya relokasi Pasar Angsoduo lama ini. "Per hari bisolah bawak balek duet lebih dari Rp100 ribu dari hasil jual besi dan barang lain dak tepake lagi disini, kayak besi, kayu bulian, dan seng-seng," imbuhnya.

Untuk diketahui, pemerintah kota akan menjadikan ruang terbuka hijau (RTH) di lahan eks Angsoduo lama tersebut dengan luas kurang lebih 7 hektare. (Baca Juga: Harga Telur Mahal, Satgas Polri Endus Adanya Mafia Pangan)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini