nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tanda Orang Pintar, Ternyata Semuanya Tidak Disadari

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Sabtu 17 November 2018 08:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 16 65 1978959 7-tanda-orang-pintar-ternyata-semuanya-tidak-disadari-4SesyKgxAx.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Cornell University melakukan penelitian secara psikologi sosial yang sering disebut Dunning-Kruger Effect. Penelitian yang dilakukan David Dunning dan Justin Kruger itu mengulas beberapa tanda orang yang sangatlah pintar. Ternyata, pintar itu tidak terasa.

Meski terkadang seseorang tidak merasakannya, namun ada tanda-tanda kepintaran seseorang. Berikut ini rinciannya, seperti dilansir Business Insider, Sabtu (17/11/2018):

1. Belajar Musik

Studi di tahun 2011 mengungkapkan bahwa skor dalam tes intelegensi verbal pada umur 4-6 tahun meningkat saat ia berlatih musik selama satu bulan. Di tahun 2013 pun studi dari Schellenberg menyatakan bahwa anak-anak yang memiliki prestasi tinggi biasanya yang mengikuti kursus musik.

Baca Juga: Soft Skill Jadi Modal Penting untuk Generasi Z

2. Kidal

Beberapa studi terkini menganggap bahwa seseorang yang kidal memiliki “pemikiran yang berbeda” dalam hal kreativitas, kebanyakan di kalangan pria.

Para kidal biasanya lebih pandai dalam menggabungkan dua objek umum dan memiliki cara-cara baru untuk membentuk objek lain. Dan kidal dipercaya lebih pandai dalam mengelompokkan daftar kata sebanyak mungkin dalam kategori alternatif.

kampus

3. Belajar Membaca Lebih Cepat

Di tahun 2012, para peneliti meneliti lebih dari dua ribu pasang kembar di Inggris dan menemukan bukti bahwa saudara kembar yang belajar membaca lebih cepat dari yang memiliki skor lebih tinggi untuk kemampuan kognitif.

4. Penasaran

Mengenai pentingnya CQ, Tomas Chamorro-Premuzi dari psikologi bisnis Harvard menuliskan bahwa, pertama, individu dengan CQ yang lebih tinggi umumnya lebih toleran terhadap ambiguitas. Gaya berpikir yang halus, canggih, dan halus ini mendefinisikan esensi kompleksitas.

Baca Juga: 22 Kampus Indonesia Masuk Daftar Universitas Paling Top di Asia

Kedua, CQ mengarah ke tingkat yang lebih tinggi dari investasi intelektual dan akuisisi pengetahuan dari waktu ke waktu, terutama dalam domain pendidikan formal, seperti sains dan seni. Dimana rasa ingin tahu menjadikan rasa ingin tahu lebih dalam.

5. Tak Perlu Berusaha Terlalu Keras

Adil untuk mengatakan bahwa orang pintar tidak selalu harus berusaha sekeras “orang yang berjuang” untuk membangun keterampilan mereka - setidaknya di bidang-bidang tertentu.

Penelitian ini melacak 2.000 orang yang mencetak gol di atas 1% dari SAT pada usia 13 tahun. Hambrick dan Meinz menulis bahwa, “Temuan luar biasa dari studi mereka adalah bahwa, dibandingkan dengan peserta yang ‘hanya’ di 99,1 persen untuk kemampuan intelektual pada usia 12 tahun, mereka yang berada di 99,9 persen, yang sangat berbakat,”

6. Anak Tertua

The New York Times melaporkan “Temuan baru, dari sebuah studi penting yang diterbitkan Juni 2007, menunjukkan bahwa anak tertua memiliki sedikit, tetapi signifikan dalam IQ - rata-rata tiga poin di atas saudara yang lain. Dan menemukan bahwa perbedaan itu bukan karena faktor biologis tetapi interaksi psikologis orang tua dan anak-anak.”

7. Postur Tubuh Tinggi

Sebuah studi di Princeton tahun 2008, ribuan orang menemukan bahwa orang yang lebih tinggi mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ saat anak-anak dan menghasilkan lebih banyak uang saat dewasa.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini