nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dievakuasi ke Pusat Rehabilitasi, Harimau di Kolong Ruko Susul Bonita

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Sabtu 17 November 2018 12:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 17 340 1979124 dievakuasi-ke-pusat-rehabilitasi-harimau-di-kolong-ruko-susul-bonita-ZdGiDyaIFN.jpg Foto: Okezone

PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berhasil mengevakuasi harimau Sumatera dari bawah kolong ruko di Desa Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Inhil. Selanjutnya harimau tersebut dibawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

"Harimau tersebut dibawa ke Yayasan Arsari di Dharmasraya," ucap Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, Sabtu (17/11/2018).

Usai dimasukkan ke dalam kadang besi yang sudah disiapkan, kemudian harimau jantan itu dibawa melalui Perairan Tembilahan menuju Dharmasraya. Perjalanan dari Tembilahan ke Dharmasraya diperkirakan memakan waktu sekitar hingga 12 jam.

 (Baca juga: Petugas Temukan Sejumlah Luka di Harimau yang Terjebak di Ruko)

Harimau yang berhasil ditangkap pengalami luka luka yang diduga akibat perbuatan pemburu. Diperkirakan harimau tersebut sebelum masuk kempung kena jerat, namun berhasil lolos.

 harmi

Sebelumnya pada April 2018, harimau Sumatera bernama Bonita juga dievakuasi dari Kecamatan Pelangiran Kabupaten Inhil. Harimau Bonita telah menyerang tiga manusia, dua diantaranya mati. Bonita mengamuk karena hutannya telah dikuasi oleh PT THIP (Tabung Haji Indo Plantation), perusahaan sawit dari Malaysia.

 (Baca juga: Tertembak Bius, Harimau yang Terjebak di Ruko Berhasil Dievakuasi)

Kemaragan harimau juga karena anaknya dikabarkan ditangkap oleh pemburu. Pada 19 April 2018 Bonita berhasil ditangkap dan dibawa ke Dharmasraya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini