nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tips Mudah saat Wawancara Pekerjaan

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Minggu 18 November 2018 07:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 17 65 1979230 7-tips-mudah-saat-wawancara-pekerjaan-60zJh6RYnf.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Ingin sukses saat wawancara pertama kali, berikut kumpulan trik-trik mudah untuk menjalin hubungan dengan pewawancara Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sudah dirangkum Okezone, Minggu, (18/11/2018):

1. Warna pakaian yang dipakai saat wawancara

23% pewawancara merekomendasikan memakai warna biru, yang menunjukkan bahwa kandidat adalah pekerja unggul, sementara 15% merekomendasikan warna hitam, yang menunjukkan potensi kepemimpinan.

Sementara itu, 25% mengatakan oranye adalah warna terburuk untuk dipakai, dan menunjukkan bahwa kandidat tidak profesional. Berikut warna lain yang menunjukkan imej anda saat wawancara yaitu abu-abu logis/analitis, putih terorganisir, coklat dapat diandalkan, dan merah adalah kekuatan.

Baca Juga: Bisnis Pot dari Kayu, Siapa Sangka Untungnya Puluhan Juta

2. Memuji pewawancara tanpa mempromosikan diri sendiri

Dalam suatu studi, yang dipimpin oleh para peneliti University of Washington dan University of Florida dan dikutip di PsyBlog, para peneliti menemukan bahwa siswa yang mengambil hati dengan pewawancara mereka, tanpa terlihat sebagai promosi diri, lebih mungkin untuk direkomendasikan untuk pekerjaan itu.

3. Percaya diri

Dalam wawancara kerja, percaya diri berarti menunjukkan rasa hormat kepada pewawancara Anda, sementara juga menunjukkan kepercayaan diri itu sendiri. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengatakan sesuatu seperti, “Saya suka pekerjaan Anda. Itu mengingatkan saya pada pekerjaan saya.”

kerja

Anda mengambil inisiatif untuk memandu percakapan, tetapi juga menghormati pewawancara bahwa Anda mengagumi pekerjaannya.

4. Menguatkan diri sendiri

Dalam sebuah penelitian dari New York University dan Columbia University, peserta yang menulis tentang waktu ketika mereka memegang kekuasaan atas orang lain lebih mungkin disebut berpengaruh selama tugas kelompok kerja - dan kesan itu tetap sama bahkan setelah dua hari kemudian.

Baca Juga: Budidaya Ikan Congo Tetra, Peluang Cerah si Sisik Indah

Anda dapat menggunakan strategi yang sama dalam wawancara kerja: Sebelum Anda masuk, catat beberapa catatan tentang saat Anda bertindak seperti seorang pemimpin di tempat kerja.

5. Kontak mata

Dalam sebuah penelitian peneliti Universitas Northeastern meminta peserta untuk menonton video orang asing berbicara satu sama lain untuk pertama kalinya dan kemudian menilai seberapa cerdas setiap orang tersebut.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang secara konsisten melakukan kontak mata saat berbicara dianggap lebih cerdas daripada mereka yang tidak melakukan kontak mata.

6. Kenali potensi

Dalam satu studi Stanford University dan Harvard Business School, peserta menerima informasi tentang hipotetis pelamar pekerjaan. Beberapa peserta belajar bahwa pelamar memiliki pengalaman dua tahun dan mendapat nilai tinggi pada tes pencapaian kepemimpinan; yang lain mengetahui bahwa kandidat tidak memiliki pengalaman juga mendapatkan nilai tinggi dalam tes potensi kepemimpinan.

Hasilnya menunjukkan bahwa peserta berpikir kandidat lebih sukses ketika mereka mengetahui bahwa jika ia memiliki potensi besar.

7. Bersikaplah ramah dan tegas

Satu studi yang menarik dari University of Guelph di Kanada, berusaha untuk mengatasi alasan mengapa kandidat yang tampak cemas cenderung tidak mendapatkan pekerjaan.

Ternyata, setidaknya dalam wawancara tiruan, itu bukan gugup seperti gelisah yang menhilangkan peluang Anda. Sebaliknya, bisa jadi kecemasan itu membuat Anda tampak kurang hangat dan tegas, dan membuat Anda berbicara terlalu lambat yang memberikan kesan bahwa anda kesusahan menjawab pertanyaan.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini