nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pantai Nusa Dua Dipenuhi Sampah Eceng Gondok

Agregasi Balipost.com, Jurnalis · Minggu 18 November 2018 12:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 18 244 1979436 pantai-nusa-dua-dipenuhi-sampah-eceng-gondok-tciiSF23At.jpg Sampah Eceng Gondok Penuhi Pantai Bengiat, Nusa Dua, Bali (foto: Balipost)

MANGUPURA - Sepanjang pantai di Nusa Dua, terutama Pantai Bengiat, Sabtu 17 November dipenuhi sampah eceng gondok. Ini merupakan fenomena baru, karena biasanya yang muncul adalah sampah plastik maupun sampah rumpu laut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung, Putu Eka Merthawan mengatakan, sampah eceng gondok ini diduga merupakan bekas pembuangan saat hujan lebat beberapa hari lalu dari sekitar sungai yang berada di sebelah timur Badung. Sehingga, sampah ini terbawa ombak dan bermuara di pantai Nusa dua.

(Baca Juga: Indonesia Angkat Isu Penanggulangan Sampah Plastik di Lautan) 

“Pantai Nusa Dua sekarang menjadi penampungan,” kata Eka.

Dikatakan, sampah eceng gondok ini tergolong masih baru. Karena, dilihat dari fisiknya, eceng gondok ini masih segar. Sedangkan, bila sudah lama, tentu akan hancur tentu akan hancur dan airnya akan berwarna coklat.

Untuk menangani, pihaknya menurunkan tim Kuta Selatan dan URC DLHK Badung. Sebanyak 5 truk menururnya sudah berhasil diangkut.

Selanjutnya, Eka meminta kepada ITDC bersama nelayan Bengiat, untuk mengecek, apakah 25 mil ke tengah masih ada sampah ini. “Ini semua sudah menepi. Nelayan maupun pihak ITDC kami harap melakukan pengecekan ke dalam, apakah masih ada gundukan eceng gondok,” harapnya.

Sampah eceng gondok ink harus segera ditangani. Karena, sampah ini apabila sudah lama, akan sangat lengket.

(Baca Juga: Produksi Sampah Kota Semarang Dalam Sebulan Bisa Sebesar Candi Borobudur)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini