nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, DPD Rescue Perindo Gunungkidul Latih Warga Olah Kelapa

Kuntadi, Jurnalis · Minggu 18 November 2018 20:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 18 510 1979546 tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat-dpd-rescue-perindo-gunungkidul-latih-warga-olah-kelapa-xXYOXfw0pT.jpg Pelatihan Olah Kelapa (Foto: Kuntadi/Okezone)

GUNUNGKIDUL – DPD Rescue Perindo Gunungkidul menggelar pelatihan pembuatan minyak kelapa dan pembibitan papaya Kalifornia super. Ini menjadi salah satu komitment Partai perindo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan ini dilaksanakan di Dukuh Plosodoyong, Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Minggu (18/11/2018). Puluhan warga sekitar, yang sebagian para ibu-ibu rumah tangga antusias mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan ini, merupakan komitment, DPD Rescue Partai Perindo Gunungkidul untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya didalam bidang UMKM,” jelas Susilo Sugiyarto, ketua DPD Recue Perindo Gunungkidul.

Pelatihan pembuatan minyak kelapa ini dipilih, karena di wilayahnya ini potensi kelapa cukup besar. Selama ini warga hanya memanfaatkan untuk memasak. Selebihnya hanya dijual kepada pedagang secara langsung. Belum ada upaya dari warga untuk mengolah agar meningkatkan nilai ekonomis.

“Sayang kalau hanya dijual per butir, harganya murah,” jelasnya.

Baca Juga: Warga Bekasi Antusias Dapat Fogging Perdana dari Rescue Perindo

Perindo

Setiap butirnya, satu kelapa hanya laku atara Rp1000 sampai dengan Rp5000. Namun setelah diolah menjadi minyak kelapa, satu liternya laku hingga Rp20 ribu.

“Perindo ingin, perempuan bisa mendukung perekonomian keluarga,” jelasnya.

Salah seorang warga, Harjito menyambut positif kegiatan ini. Selama ini warga kesulitan untuk mengolah kelapa. Mereka tidak memiliki kemampuan dalam mengelola karena keterbatasan sumber daya yang ada. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini nilai ekonomi yang dihasilkan akan lebih tinggi.

“Kami berharap Perindo kedepan terus menyasar warga agar perekonomiannya lebih baik,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Partai Perindo juga memberikan pelatihan pembibitan kelapa Kalifornia.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini