Kepala BPBD Dilantik Jadi Pj Bupati Cirebon, Ridwan Kamil Pesan Jangan Korupsi

Antara, · Senin 19 November 2018 11:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 19 525 1979704 kepala-bpbd-dilantik-jadi-pj-bupati-cirebon-ridwan-kamil-pesan-jangan-korupsi-gUsF48F3af.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (foto: Okezone)

BANDUNG - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Dicky Saromi resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cirebon oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Senin (19/11/2018).

"Keputusan Mendagri sudah turun dalam surat keputusannya memerintahkan saya untuk segera melantik Pak Dicky Saromi sebagai Penjabat Bupati Cirebon hari ini," kata Ridwan Kamil usai pelantikan tersebut.

(Baca Juga: KPK Periksa Sekda Pemkab Cirebon Terkait Suap Bupati) 

Sebelum menetapkan Dicky Saromi sebagai Pj Bupati Cirebon, pada 26 Oktober 2018, Sekda Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno ditunjuk menjadi Pelaksana Harian atau Plh Bupati Cirebon, menyusul Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

Ada sejumlah pesan khusus yang dititipkan oleh Ridawan Kamil atau biasa disapa Emil kepada Dicky Saromi terkait jabatan sebagai Pj Bupati Cirebon seperti dilarang memutasi atau merotasi pejabat dan membahas APBD Kabupaten Cirebon 2019 di akhir tahun ini.

Selain itu, Emil juga berpesan agar Dicky Saromi tidak melakukan hal-hal negatif, seperti melakukan tindak pidana korupsi.

"Saya titip, jadi jangan melakukan hal negatif seperti yang sebelumnya (Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra yang terkena OTT oleh KPK). Saya berdoa tidak terjadi hal-hal seperti itu di Jabar," kata dia.

Pihaknya juga memastikan jabatan Dicky Saromi sebagai Kepala BPBD Jawa Barat tidak akan menganggu jabatannya sebagai Pj Bupati Cirebon.

"Kita bekerja bukan atas individu tapi kita bekerja atas kolektif kolegial, jadi sistemnya sudah ada, Pak Kadishub Jabar jadi Pj Wali Kota Cirebon lancar-lancar aja. Jadi dua hal tadi, tidak ada masalah, termasuk soal kebencanaan sudah ada SOP-nya," kata dia.

"Saya kira latar belakang dari OPD mana tidak perlu dipertanyakan karena semua yang pernah menjadi pejabat juga sama punya kesibukan, jadi saya kira Pemprov Jabar sudah berpengalaman dalam mengelola manajemen transaisi pemerintahan," kata dia.

Sementara itu, Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi mengaku siap melaksanakan kewajiban dan tugasnya barunya serta mematuhi pesan-pesan khusus yang disampaikan oleh Gubernur Jabar kepada dirinya.

(Baca Juga: KPK Selisik Penerimaan Gratifikasi Bupati Cirebon via Perbankan) 

Bupati Cirebon Non-Aktif Sunjaya Purwadi Sastra (foto: Okezone)Bupati Cirebon Non-Aktif Sunjaya Purwadi Sastra (foto: Okezone)

"Dari kata-kata pelantikannya bahwa saya diputuskan oleh SK Mendagri dengan penugasan yang paling utama adalah untuk saya bisa melaksanakan pemerintahan agar tidak terhenti tapi kita akan terus berjalan ke depan. Ada batasan yang harus saya perhatikan seperti mutasi pegawai dan melakukan pemekaran wilayah," kata dia.

Menurut dia, dalam beberapa hari ke depan dirinya akan melakukan orientasi dan mempelajari situasi terkini di Kabupaten Cirebon kemudian akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Saya juga akan menyelesaikan anggaran perubahan yang tertunda dan saya akan menghantarkan untuk penetapan APBD tahun 2019 untuk Kabupaten Cirebon," kata dia.

(fid)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini