nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi, Pesawat Lion Air Mati Listrik Sebelum Terbang di Medan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 19 November 2018 08:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 19 608 1979639 lagi-pesawat-lion-air-kembali-mati-listrik-sebelum-terbang-di-medan-3n1BCmH70f.jpg Ilustrasi Lion Air (Okezone)

JAKARTA - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-309 rute dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK), sempat mengalami gangguan kelistrikan ketika akan menjalani penerbangan, Minggu 18 November 2018.

Terkait hal itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan jika pesawat telah menjalani proses pemeriksaan sebelum terbang (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).

 Baca juga: Lion Air Beberkan Penyebab Lampu dan AC Pesawat Rute Jakarta ...

“Ketika proses penumpang masuk ke pesawat selesai dan posisi pesawat masih di landas parkir (apron), sekitar pukul 20.07 WIB tiba-tiba Ground Power Unit (GPU), perangkat yang menyediakan sumber energi pesawat ketika berada di darat mengalami penurunan daya (down) sehingga menyebabkan sistem listrik pada kabin pesawat terganggu,” jelas Danang kepada Okezone, Senin (19/11/2018).

 Lion Air

Ataupun, Lion Air JT-309 dipersiapkan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LHH dengan total tujuh kru beserta 209 penumpang dewasa, tiga anak-anak dan lima balita.

 Baca juga; Kerusakan Indikator, Lion Air Rute Solo-Jakarta Gagal Terbang

Danang mengakui lantaran adanya masalah tersebut, pesawat mengalami penundaan keberangkatan. Sebagian penumpang akhirnya memutuskan untuk turun dari pesawat dan kembali ke terminal Bandara Kualanamu.

“Lion Air menginformasikan penundaan keberangkatan JT-309 kepada seluruh penumpang dan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) berdasarkan ketentuan. Terdapat 24 penumpang meminta untuk kembali menuju ruang tunggu terminal,” terang dia.

Dijelaskan Danang, Atas koordinasi dan kerjasama yang tepat antara pilot, ground handling dan teknisi, kendala pada GPU tersebut segera teratasi, dengan cepat mengganti menggunakan GPU lainnya dan kondisi pesawat dalam keadaan normal kembali.

 Baca juga: Keluarga Korban Lion Air JT 610 Gugat Boeing di AS

“Lion Air telah menerbangkan kembali JT-309 pukul 21.27 WIB dengan pesawat yang sama. Penerbangan ini memberangkatkan tujuh kru, 185 penumpang dewasa, tiga anak-anak dan lima balita. Pesawat sudah tiba di Soekarno-Hatta pada 23.23 WIB,” tukas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini