nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angin Puting Beliung, Porak Porandakan Ratusan Rumah di Bandung Barat

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 10:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 21 525 1980523 angin-puting-beliung-porak-porandakan-ratusan-rumah-di-bandung-barat-DFwp7fHUDY.jpg Ilustrasi Angin Kencang (Okezone)

BANDUNG - Angin puting beliung, yang terjadi di Kabupaten Bandung Barat, kemarin, Selasa 20 November 2018, merusak ratusan rumah dan beberapa sekolah serta rumah ibadah.

Tak hanya itu, angin puting beliung juga menyebabkan beberapa pohon tumbang yang berimbas pada tertutupnya ruas-ruas jalan.

 Baca juga: 11 Rumah di Sidoarjo Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

"Ada lima kecamatan yang terimbas dari angin puting beliung ini, diantaranya Kecamatan Ngamprah, Cihampelas, Padalarang, Batujajar, dan Saguling," ujar Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman, saat di konfirmasi melalui pesan singkatnya, Rabu (21/11/2018).

 https: img.okeinfo.net content 2017 11 26 340 1820629 puting-beliung-terekam-di-aceh-utara-belasan-rumah-rusak-jTvJ3axIfH.jpg

Untuk Kecamatan Saguling ada 13 rumah rusak dua diantaranya mengalami rusak berat. Kemudian untuk di Kecamatan Ngamprah, ada dua pohon tumbang di Cilame dan Cihampelas yang menutup ruas jalan. Tak hanya itu, tujuh rumah mengalami kerusakan.

 Baca juga: Ratusan Rumah di Situbondo Rusak Diterjang Puting Beliung dan Hujan Es

Lalu di Kecamatan Padalarang, angin puting beliung juga menyebabkan pohon tumbang dan juga 186 rumah mengalami rusak. Satu sekolah juga dilaporkan rusak akibat angin puting beliung.

‎"Total yang terdampak 13 rumah mengalami rusak berat, 34 rumah mengalami rusak sedang dan 165 rumah alami rusak ringan. Untuk f‎asilitas umum satu sekolah dan satu tempat ibadah rusak,"jelasnya.

‎Dalam kejadian puting beliung pun, terdapat satu orang korban. Identitas korban diketahui bernama Ujang (35) warga Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, yang mengalami luka-luka.

 Baca juga: 6 Rumah di Bali Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung

Dalam kejadian tersebut, BPBD Jabar telah melakukan beberapa upaya diantaranya, berkordinasi dengan BPBD Bandung Barat, melakukan assesment di lokasi kejadian, dan ‎mengungsikan sembilan kepala keluarga di Kecamatan Padalarang, yang rumahnya mengalami rusak berat.

"Kita juga menghibau warga agar selalu waspada apabila hujan dengan intensitas tinggi di sertai angin kencang‎," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini