nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNN Gagalkan Penjualan 7 Kg Sabu di Sumsel

Antara, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 18:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 21 610 1980813 bnn-gagalkan-penjualan-7-kg-sabu-di-sumsel-aXkcSzURVi.jpg ilustrasi

PALEMBANG - Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Selatan menggagalkan penjualan narkoba jenis sabu sekitar 7 kilogram di wilayah Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Seumatera Selatan, pada 17 November 2018.

"Dalam operasi penggagalan penjualan narkoba tersebut, petugas mengamankan satu tersangka bandar berinisial MM dan dua kurirnya Iv dan Gd, serta barang bukti sabu dikemas dalam tujuh bungkus plastik hijau masing-masing paketnya berisi sekitar 1 kg sabu, satu unit mobil Toyota Avanza warna hitam, dan satu buah telepon seluler android," kata Kepala BNN Provinsi Sumsel Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan, di Palembang, Rabu (21/11/2018).

Pada jumpa pers gelar hasil operasi pemberantasan narkoba di Kantor BNN Sumsel, Brigjen Jhon Turman menjelaskan penangkapan ketiga tersangka itu berdasarkan informasi dari masyarakat yang resah dengan adanya peredaran gelap narkoba di wilayah Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Informasi masyarakat itu dipelajari dan dibentuk tim untuk melakukan penyelidikan serta penangkapan di lapangan untuk menemukan tersangka bandar dan pengedar sabu-sabu seperti data yang diterima petugas.

(Baca Juga: BNN Jatim Ringkus Bandar Jaringan Aceh, 2 Kg Sabu Disita)

Setelah melakukan penyelidikan beberapa hari di wilayah Kecamatan Tulung Selapan, petugas awalnya menemukan dua tersangka kurir (Iv dan Gd) yang dilaporkan masyarakat sedang mengendarai mobil Toyota Avanza.

Ketika petugas berusaha menghentikan kendaraan itu, tersangka mencoba menghindar dengan memundurkan mobilnya, namun berhasil dihentikan petugas dan setelah dilakukan penggeledahan ditemukan sebuah kotak kardus berisi tujuh paket sabu.

Berdasarkan pengembangan dari kedua pengedar/kurir sabu tersebut, petugas melakukan pengembangan kasus dan berhasil menangkap MM yang merupakan bandar narkoba itu, ketika akan melakukan perjalanan ke Pulau Bangka menggunakan kapal di Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin.

"Pengungkapan kasus sabu-sabu ini terus dilakukan pengembangan untuk mengejar dua tersangka lainnya Ad dan Db berdasarkan keterangan para tersangka yang telah ditangkap, sebagai pemasok narkoba ke mereka," kata Kepala BNN Sumsel.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini