nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langgar Perda, 15 Juru Parkir Diamankan Polisi

Arsan Mailanto, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 21:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 22 340 1981378 langgar-perda-15-juru-parkir-diamankan-polisi-RKT4EOeQUi.jpg Foto: Okezone


PANGKALPINANG - Tim gabungan Polres Pangkalpinang mengangkut sebanyak 15 pemungut uang parkir (pungkir) selama dua hari berturut-turut. Penertiban juru parkir liar tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Ops Kompol Sahbaini, Kasat Lantas AKP Heryanto dan Kasat Sabhara AKP Nico dengan menerjunkan puluhan personel.

Pungkir yang diamankan diduga meresahkan masyarakat di beberapa titik lokasi parkir di seputaran Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

"Para pelaku parkir liar yang terjaring razia, untuk saat ini hanya kita berikan teguran secara tertulis. Mereka membuat pernyataan di atas materai dan tidak akan mengulangi kegiatan tersebut," ujar Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana kepada awak media di Polres Pangkalpinang, Kamis (22/11/2018).

Menurutnya, ada sekira 15 pelaku yang diamankan petugas kepolisian dan tentunya penertiban pungkir ini akan dilaksanakan disemua titik lokasi di wilayah hukum Polres Pangkalpinang.

"Pelaku yang kita amankan berjumlah 15 orang, dan kegiatan ini bakal dilakukan secara continue, tadi malam dan tadi pagi sudah kita laksanakan juga," jelas Kapolres.

parkir

Maka dari itu, Iman juga berharap kepada pengelola maupun tukang parkir untuk lebih rapi lagi saat menata dan menyusun kendaraan motor dan mobil ketika akan di parkir.

"Kalau untuk parkir setidaknya penataan lebih melihat posisi jalan jangan sampai menghalangi dan mengganggu pengguna jalan lain. Susunan parkir itu dirapikan, kan di dalam perda sudah diatur," ia menuturkan.

Diketahui dalam kegiatan penertiban pemungut uang parkiran ini juga melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Pangkalpinang dan aparat Subdenpom Bangka.

Sementara itu, Kasie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Pangkalpinang Eko Adi Prasetyo juga menambahkan, bahwa petugas parkir liar ini telah melanggar Perda No. 5 tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan daerah kota Pangkalpinang No. 16 tahun 2011 tentang Restribusi Jasa Umum.

"Pelaku ini kita suruh buat surat pernyataan bahwa tidak melakukan pemungutan liar terhadap masyarakat yang memarkirkan kendaraannya," tegasnya.

Untuk identitas juru parkir liar yang diamankan petugas gabungan di antaranya:

- AD (21) alamat Jl. Nila, Kel. Sumberjo, Pangkalbalam diamankan di depan Bakso Karno dekat PT. Timah.

- IL (17) alamat Jl. Pelipur, Kel. Genas, Taman Sari diamankan di depan bakso Barakah Jalan KH. Abdul Addhari.

- HI (37) alamat Jl. Mentok Km 7 Desa Kace, Mendo Barat digelandang di depan BTC Pangkalpinang.

- DS (42) alamat Jl. Kerisi Kelurahan Lontong Pancur, Pangkalbalam ditangkap di depan BTC

- ZI (18) alamat Jl. Pelipur, Kel. Genas, Taman Sari diamankan di depan Bubur Barakah Jalan Abdul Addari Kelurahan Genas.

Sedangkan untuk para petugas parkir liar yang diamankan diamankan tanpa identitas atau ijin resmi dari Dishub Pangkalpinang.

- IW (30) alamat Jl. Veteran Kel. Parit Lalang, Rangkui diamankan di Alun-alun Taman Merdeka (ATM), Pangkalpinang.

- HS (30) alamat Jl. Semabung Baru diamankan di lokasi ATM Pangkalpinang.

- EA (27) alamat Jl. Sungai Selan Kelurahan Melintang, Rangkui diamankan di ATM.

- JS (30) alamat Gang Belido Kel. Gabek 2 diamankan di lokasi ATM Pangkalpinang.

- HI (39) alamat Jl. Depati Bahrin Kel. Opas Indah Taman Sari digelandang di lokasi Angkringan

- IR (20) alamat Jl. Mentok diamankan di D'Kantin dan DS (27) alamat Parit Lalang diamankan di ATM.

- DS (48 ) alamat Jl. Stadion Kel. Air Salemba Gabek diamankan di lokasi Angkringan Jogja

- AG (42) alamat Gandaria Kel. Kacang Pedang Gerunggang diamankan di lokasi depan Hotel Jati Wisata.

- FE (38) alamat Jl. Fatmawati Kampak Gerunggang diamankan di lokasi D'Barleys.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini