nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sel Over Capacity, 30 Napi Lapas Rajabasa Dipindahkan ke Cipinang

Antara, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 09:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 23 340 1981605 sel-over-capacity-30-napi-lapas-rajabasa-dipindahkan-ke-cipinang-2QdAwqNAwu.jpg ilustrasi (Foto: Ist)

BANDAR LAMPUNG - Sebanyak 30 tahanan Lapas Kelas 1A Rajabasa, Lampung dipindahkan ke Lapas Kelas 1A Cipinang, Jakarta pada Kamis 22 November 2018 tengah malam. Alasan pemindahan dikarenakan penghuni lembaga pemasyarakatan itu sudah melebihi daya tampung atau kapasitasnya.

Kalapas Rajabasa, Sudjonggo mengatakan bahwa para narapidana yang dipindahkan itu termasuk orang hukuman dari kejahatan besar, dengan rincian 16 tahanan kejahatan narkoba dan 14 tahanan dengan kasus pembunuhan. Di antara 30 tahanan itu terdapat empat narapidana divonis hukuman mati, 14 orang divonis seumur hidup dan 12 orang divonis 15 sampai 20 tahun.

"Pemindahan tahanan ini merupakan upaya untuk menurunkan kelebihan kapasitas yang terjadi. Kapasitas Lapas Rajabasa semula hanya sebanyak 662 tahanan dan kini sudah mencapai jumlah 1.200 orang tahanan. Mereka yang dipindah ini termasuk tahananan yang high risk," terang Sudjonggo.

Di antara para tahanan yang dipindahkan ada narapidana terpidana mati seperti Budiyono bin Sugito tersangkut kasus pembunuhan, serta Satria Aji Andika dan Haryono bin Suradi karena kasus narkotika.

Sudjonggo manambahkan, para tahanan itu berasal dari sel Blok A sampai D. Pada tahun 2018 ini Lapas Rajabasa sudah melakukan pemindahan tahanan dengan kategori high risk pada Maret dan November 2018 ini.

Lapas

"Sudah berlangsung dua kali. Jumlahnya juga sama. Totalnya 60 orang yang sudah dipindah. Jadi begini, mereka tahanan dengan pidana tinggi ini berasal dari seluruh Lapas yang ada di daerah Provinsi Lampung," ucapnya.

Sementara itu, Komandan Pengawalan (Danwal) dari unsur Brimob Polda Lampung, Iptu Minan mengungkapkan bahwa bus berisi tahanan itu melewati jalur laut. Para tahanan dibawa dalam kondisi tangan terborgol dan mata ditutup lakban agar kondisi aman terkendali.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini