nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PN Surabaya Pernah Kabulkan Permohonan Ganti Kelamin pada 2016

Nurul Arifin, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 23 519 1981754 pn-surabaya-pernah-kabulkan-permohonan-ganti-kelamin-pada-2016-4Y0yUZec7v.jpg Ilustrasi Pengadilan (foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menerima permohonan ganti kelamin seorang pria asal Tuban dan akan diputuskan pekan depan. Ini bukan kali pertama PN Surabaya menangani permohonan ganti kelamin.

Humas PN Surabaya, Sigit Sutriono menjelaskan, pada 2016, ada seorang perempuan yang memohon menjadi seorang pria. Wanita bernama Angelina Karuniata Kanan memohon mengubah jenis kelamin menjadi laki-laki dan namanya menjadi Andreas Alessandro Kaban.

(Baca Juga: Ganti Kelamin, Pria asal Tuban Ajukan Perubahan Identitas ke PN Surabaya) 

"Permohonan itu dikabulkan setelah melalui banyak pertimbangan dari beragam sudut pandang," ujar Sigit saat dikonfirmasi, Jumat (22/11/2018).

Humas PN Surabaya Sigit Sutriono. (Foto : iNews)	Humas PN Surabaya Sigit Sutriono. (Foto : iNews) 

Permohonan Angelina yang mengubah kelaminnya menjadi laki-laki saat itu dikabulkan hakim. Perubahan itu diputuskan hakim tunggal Matheus Samiaji dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, pada Rabu 27 Juli 2016. Dalam sidang tersebut, hakim menerima dan mengabulkan permohonan untuk seluruhnya.

Hakim juga memerintahkan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Surabaya untuk mengubah akta kelahiran atas nama Angelina Karunianta Kaban.

Akta kelahiran nomor 732/1993 tertanggal 15 Juni 1993 itu menyebut jenis kelamin perempuan yang selanjutnya diubah menjadi jenis kelamin laki-laki. Perubahan juga dilakukan terhadap nama Angelina. Sejak saat itu, Angelina resmi berubah nama menjadi Andreas.

Baru-baru ini, PN Surabaya kembali ramai diperbincangkan setelah menerima permohonan ganti kelamin dari seorang pria asal Tuban, Jawa Timur. Pria berusia 23 tahun tersebut ingin berganti kelamin menjadi perempuan hingga melakukan operasi.

"Selasa pekan depan diagendakan sidang putusan. Hakim yang menangani Dede Suryaman," kata Sigit.

Sayangnya, Sigit enggan menyebut identitas pemohon secara detail. Sigit mengatakan, pemohon sudah melakukan operasi ganti kelamin di Thailand.

"Dia sedang mengurus administrasi tentang penggantian jenis kelamin di semua kartu identitasnya," jelasnya.

(Baca Juga: Pekan Depan, PN Surabaya Putuskan Permohonan Ganti Kelamin Pria Asal Tuban) 

Putusan hakim dalam memutus permohonan ganti kelamin nanti, kata Sigit, akan mempertimbangkan berbagai masukan dari para saksi, seperti ahli kedokteran, tokoh agama, hingga kalangan psikiater.

"Putusan pengadilan nanti bersifat inkracht dan sah di mata hukum," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini