nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MUI: Belum Ada Hotel Bersertifikasi Halal di Medan

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 01:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 23 608 1981521 mui-belum-ada-hotel-bersertifikasi-halal-di-medan-QPh8O7lR3K.JPG Ilustrasi (Foto: Ist)

MEDAN – Hingga saat ini, belum ada satu pun hotel di Medan yang mengantongi sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI. Kondisi ini sangat miris di tengah pertumbuhan bisnis hotel yang cukup signifikan di kota ketiga terbesar di Indonesia itu.

Hal itu dikatakan Direktur LPPOM-MUI Sumut, Basyaruddin MS, Kamis (22/11/2018).

Menurut Basyaruddin, tidak hanya hotel biasa pada umumnya yang belum memiliki sertifikat halal. Bahkan, sejumlah hotel yang selama ini tercitrakan sebagai hotel bernuansa islami juga belum mengurus sertifikasi halal mereka.

"Belum ada hotel yang bersertifikasi halal. Memang ada hotel yang kebetulan punya orang Islam, tapi itu pun belum tentu halal," jelasnya.

(Baca Juga: Ma'ruf Amin: Sertifikasi Halal Tak Akan Matikan UMKM)

Ilustrasi

Basyaruddin mengaku, mereka sudah berusaha untuk mengimbau kepada managemen hotel di Medan untuk segera mengurus sertifikasi halal mereka. Namun, sejauh ini imbauan tersebut belum memberikan hasil maksimal.

"Belum (maksimal), karena memang pemerintah daerah juga kurang mendukung atau tidak komitmen terhadap hal tersebut. Kalau secara nasional, baru Barat dan Batam yang sudah berkomitmen," jelasnya.

Basyaruddin mengungkapkan, MUI berharap Undang-Undang Jaminan Halal yang saat ini tengah dirampungkan akan membuat hotel bisa patuh terhadap regulasi tersebut.

"Sertifikasi halal wajib nanti di tahun 2019. Tapi memang sampai saat ini masih sulit karena sertifikasi halal ini sifatnya mandatori, kerelaan," tukasnya.

(Baca Juga: Menag Pastikan BPJPH Tak Geser Kewenangan MUI atas Sertifikasi Halal)

Dikatakan Basyaruddin, untuk mengurus sertifikat halal dibutuhkan dana sekitar Rp4,5 juta. Itu di luar biaya Rp100 ribu untuk setiap produk hotel yang akan disertifikasi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini