nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 4,7 SR Guncang Wilayah Sorong Papua Barat, Warga Berlarian Keluar Rumah

Chanry Andrew S, Jurnalis · Sabtu 24 November 2018 13:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 24 340 1982210 gempa-4-7-sr-guncang-wilayah-sorong-papua-barat-warga-berlarian-keluar-rumah-e0DrVhbLDQ.jpg Ilustrasi Gempabumi (foto: Shutterstock)

SORONG - Gempa berkekuatan 4,7 Skala Richter mengguncang wilayah Kota Sorong, Sabtu, (24/11/2018). Kepala Stasiun Geofisika Sorong, Andri Wijaya Bidang menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 13:27:29 WIT dengan kekuatan 4.7 SR. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 0.63 LS dan 131.70 BT, tepatnya pada ~57 Km Timur Laut Kota Sorong pada kedalaman 10 Km.

"Akibatnya Penjalaran getaran gempa tsb sebagian warga merasakan di Kota Sorong dengan intensitas II - III MMI dan Kabupaten Sorong III MMI," ungkap Andri kepada Okezone melalui sambungan telepon selulernya, Sabtu (24/11/2018).

(Baca Juga: Poso di Guncang Gempa 3,8 SR, Warga Diimbau Tenang) 

Lanjut Andri, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan akan dampak dari gempa tersebut. Selain itu lokasi gempa berada pada wilayah sesar Sorong.

Ilustrasi Gempa (foto: Shutterstock) 

"Hingga sampai saat laporan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempa bumi tersebut, Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal yang disebabkan aktivitas sesar Sorong," jelas Andri.

Menurut Andri, Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, menurut Andri, hingga laporan ini disusun pada pukul 14.15 WIT tidak ada gempa bumi susulan.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan dari BPBD serta informasi dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

(Baca Juga: Banggai Kepulauan Diguncang Gempa 4,1 SR) 

Sementara akibat gempa 4,7 SR, warga Kota Sorong sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Seorang warga bernama Toyib mengaku kaget saat merasakan guncangan gempa.

"Ia pak tadi pas gempa kami sekeluarga lagi di dalam rumah, kami sekeluarga kaget sekali dan berlarian keluar rumah, untuk mengamankan diri," ungkap Toyib kepada Okezone.

Dia menambahkan, hingga saat ini dirinya dan keluarga serta warga sekitar rumahnya nasih berjaga-jaga khawatir adanya gempa susulan yang lebih besar.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini