nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Guru Nasional, Mendikbud: Tantangan Pendidikan Abad 21 Semakin Berat

Rikhza Hasan, Jurnalis · Minggu 25 November 2018 10:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 25 65 1982433 hari-guru-nasional-mendikbud-tantangan-pendidikan-abad-21-semakin-berat-FXWEHCS6t1.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiuap tanggal 25 November. Untuk tahun ini, tema HGN 2018 adalah 'Meningkatkan Profesionalime Guru Menuju Pendidikan Abad 21'. Tema tersebut dipilih karena tantangan pendidikan pada abad 21 semakin berat.

Hal ini meniscayakan peringatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Baca Juga: Guru Honorer, Dibutuhkan tetapi Diabaikan

Muhadjir berharap, martabat guru semakin dijunjung tinggi seiring dengan profesionalisme serta peningkatan kesejahteraan dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulianya.

Di tengah perayaan Hari Guru Nasional ini, Indonesia sedang menghadapi keprihatinan atas beberapa bencana. Dua yang terbesar baru terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

Tidak kurang dari 22 ribu orang guru dan tenaga kependidikan serta peserta didik telah menjadi korban baik yang meninggal dunia, luka berat, kehilangan sanak saudara, maupun yang kehilangan tempat tinggal.

Baca Juga: Hari Guru Momentum mengenai Pejuang Pendidikan

Muhadjir berdoa agar para guru beserta keluarganya diberikan ketabahan dan kekuatan atas bencana yang telah menimpa mereka.

"Atas nama pribadi dan pemerintah, saya menyampaikan ucapan selamat kepada semua guru dan tenaga kependidikan Indonesia, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri," ucapnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini