nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

14 Kali Beraksi, Pencuri Helm Akhirnya Tertangkap Berkat CCTV

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 00:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 26 609 1983215 14-kali-beraksi-pencuri-helm-akhirnya-tertangkap-berkat-cctv-1AoDvaI4PX.jpg Ilustrasi Pencurian (Foto: Okezone)

MAKASSAR - Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Pepatah lama ini pantas dialamatkan kepada Muh Asrul alias Acul (18).

Dia kini mendekam di balik jeruji besi Mapolsek Biringkanaya lantaran perbuatannya mendalangi tindak pencurian di 14 lokasi berbeda. Semua bermula dari terciduknya Acul usai mencuri helm.

Aksi pencurian ini terbongkar saat korban bernama Awal Ramadhan (18) kehilangan helm miliknya. Saat itu ia memarkir motornya di depan sebuah warkop Jalan Dg Ramang.

Tidak lama Awal meninggalkan kendaraannya, helm yang disimpannya sudah dicuri. Dia pun kemudian mendatangi Mapolsek Biringkananya guna melaporkan kehilangan helm miliknya.

Laporan polisinya bernomor: LP/XI /2018/Restabes Mks/Sek Biringkanaya tertanggal 22 November 2018.

Baca Juga: Curi Helm di Kampus, Mantan Satpam Ditangkap

Pencuri

Laporan Awal selanjutnya ditindaklanjuti tim Unit Reksrim Polsek Biringkanaya. Mereka turun melakukan penyelidikan. Petugas kepolisian kemudian meminta ke pengelola warkop untuk memutar rekaman kamera pengintai alias CCTV. Di warkop yang menjadi lokasi kejadian memang telah terpasang CCTV.

Hasilnya, pelaku terekam saat melakukan aksinya. Identitasnya pun terindentifikasi. Selanjutnya aparat berhasil melacak keberadaannya.Dari Jalan Dg Ramang, Jumat (23/11), Acul tertangkap. Dari tangannya diamankan barang bukti.

Masing-masing satu helm merk KYT warna pink, serta satu unit sepeda motor Yamaha Fino dengan nomor polisi DD 3769 LO. Bersama barang buktinya, pelaku kemudian digiring ke Mapolsek Biringkanaya guna kepentingan penyelidikan dan penyidikan.

Kepada polisi yang memeriksanya, Acul mengakui perbuatannya. Usai mencuri helm di depan warkop, ia langsung menyeberang jalan lalu menuju ke rumahnya di Jalan Dg Ramang.

Dari keterangan Acul, terungkap pula bahwa bukan kali ini saja dia melakukan aksi pencurian. Melainkan sudah beraksi di belasan titik dalam wilayah hukum Polsek Biringkanaya.

Di antaranya di Sudiang. Di sana pelaku tiga kali beraksi. Selanjutnya di kompleks perumahan Bumi Tamalanrea Permai (BTP) sebanyak enam kali. Kemudian di Jalan Kapasa sebanyak empat kali. Dan di Jalan Santagan satu kali.

Kapolsek Biringkanaya Kompol Nugraha Pamungkas yang dikonfirmasi, membenarkan penangkapan Acul. Ditetapkan sebagai tersangka, ia kemudian dijebloskan ke dalam sel tahanan mapolsek.

”Dari hasil pemeriksaan, tersangka sudah 14 kali melakukan aksi pencurian. Terakhir, dia mengambil helm pengunjung warkop. Korbannya melapor. Dari situ kemudian dilakukan pengejaran dan penangkapan,” jelas Kompol Nugraha kepada Okezone Senin (26/11/2018).

Tercatat ada delapan unit sepeda motor hasil curiannya ia jual ke tukang ojek. Mereka kerap mangkal di pintu Terminal Regional Daya. Satu unit motor dilego dengan harga Rp800 ribu.

Sementara enam helm curiannya, dijual di tengah kota dengan harga Rp100 ribu per unit.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini