nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berbeda dengan RSCM, Begini Kelebihan RS Universitas Indonesia

Rany Fauziah, Jurnalis · Senin 26 November 2018 15:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 26 65 1982987 berbeda-dengan-rscm-begini-kelebihan-rs-universitas-indonesia-0piiHZgBSl.jpg Rumah Sakit Perguruan Tinggi di Universitas Indonesia (Foto: UI)

JAKARTA - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) merupakan rumah sakit umum pendidikan yang berada di area Kampus UI, Depok. Sebagai Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RS-PTN), RS UI memiliki fasilitas pengobatan yang cukup dan menggandeng beberapa fakultas Universitas Indonesia.

Dilansir dari laman Universitas Indonesia, Senin (26/11/2018), Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., mengatakan bahwa RS UI berbeda dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Menurutnya, walaupun RSCM menyatu dengan Fakultas Kedokteran UI, tetapi RSCM dikelola oleh Kementerian Kesehatan.

“Sementara RS UI di bawah Rektorat UI. Dewan pengawasnya di bawah pemilik, yaitu Rektorat UI,” paparnya.

Baca Juga: Reza Rahardian Jadi Dosen Vokasi UI, 5 Mahasiswanya Lolos Seleksi Pertunjukan Teater

Anis menjelaskan bahwa UI memiliki beberapa Unit Kerja Khusus (UKK) yang mengelola berbagai sektor, yaitu UKK di bidang riset, UKK di bidang pengabdian masyarakat, UKK komersial, dan RS UI yang berada di UKK rumah sakit.

“RS UI merupakan sejenis “laboratorium”. RS UI memberi pelayanan pada masyarakat, tetapi di dalamnya juga terdapat unsur pendidikan dan penelitian,” lanjut Anis.

“Itu menjadi satu kesatuan untuk memberi bekal bagi para anak didik (mahasiswa UI) dengan pendekatan interprofesional,” katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Kerjasama, AUA-UI Gelar Pertemuan Eksekutif

Pendekatan tersebut dapat dilihat dari sisi kedokteran, kedokteran gigi, kesehatan masyarakat, farmasi, juga keperawatan.“Karena semua saling berinteraksi,” ungkap Anis merujuk pada fakultas-fakultas di Rumpun Ilmu Kesehatan yang ada di UI.

Bahkan, kata Anis, bidang psikologi dan teknik pun dapat dilibatkan di dalamnya. “Inilah model terbaru yang kami terapkan di RS UI,” tutupnya.

 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini