nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belasan Kios di Pasar Pekanbaru Ludes Terbakar

Antara, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 12:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 27 340 1983386 belasan-kios-di-pasar-pekanbaru-ludes-terbakar-t8Ha7OxYR0.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

PEKANBARU - Sebanyak 11 kios semi permanen yang berlokasi di kompleks Pasar Pagi Arengka, Kota Pekanbaru, Riau ludes dilalap api akibat kebakaran hebat yang melanda salah satu pasar tradisional tertua di ibu kota Provinsi Riau tersebut. Sejumlah pedagang tampak hanya bisa mengais-ngais beberapa barang yang masih bisa diselamatkan, meski mayoritas tidak lagi dapat digunakan.

Bau hangus yang menyengat masih menyeruak di lokasi kebakaran akibat beragam kebutuhan pokok mulai dari bawang, kelapa dan masakan lainnya yang hangus terbakar pada Senin tadi malam tadi sekitar pukul 22.10 WIB.

"Kebakaran berlangsung sangat cepat. Saat itu saya dan anak sedang tidur dan tiba-tiba ada warga teriak api membesar," kata Nita, salah seorang pedagang kelapa, Selasa (27/11/2018).

Nita mengaku, dirinya telah berjualan di lokasi itu selama 18 tahun terakhir. Selama itu pula, baru kali ini kebakaran hebat melanda kompleks pertokoan yang selalu ramai pembeli tersebut. Wanita berusia 58 tahun itu mengaku belum memiliki rencana ke depan, karena seluruh harta bendanya sudah hangus terbakar.

Sementara satu-satunya harta yang berhasil diselamatkan hanyalah sepeda motor. Namun, dia mengaku bersyukur karena dirinya dan delapan anggota keluarganya yang juga tinggal di kios semi permanen itu berhasil selamat. "Sekarang yang terpenting semua anggota keluarga saya selamat," tuturnya.

Sementara, Teresa, salah seorang pedagang yang kiosnya juga hangus terbakar menceritakan bahwa kebakaran hanya berlangsung kurang dari 20 menit. Ia tidak mengetahui pasti insiden kebakaran tersebut karena pada saat kejadian sedang berada di rumahnya yang jauh dari lokasi kios.

"Saat sampai di sini semuanya sudah hangus terbakar," ujar wanita yang membuka praktik salon di salah satu kios itu.

Berdasarkan pantauan, terlihat garis polisi mengelilingi lokasi kawasan yang terbakar tersebut. Polisi sendiri menyatakan masih mendalami penyebab kebakaran yang cukup mengagetkan tersebut. Pasar Pagi Arengka Pekanbaru merupakan salah satu pasar tradisional andalan warga Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

Pasar tersebut menjadi persinggahan pertama para pedagang tradisional dari Provinsi tetangga seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat sebelum distribusi bahan dagangan di Pekanbaru. Namun, secara umum kebakaran kios-kios tersebut tidak terlalu berdampak pada aktivitas jual beli masyarakat.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini