nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tergelincir di Bandara Adisutjipto, Pesawat Garuda Dalam Kondisi Baik & Seluruh Penumpang Selamat

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 08:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 27 510 1983278 tergelincir-di-bandara-adisutjipto-pesawat-garuda-dalam-kondisi-baik-seluruh-penumpang-selamat-7043firxxP.jpg ilustrasi (Foto: Beritatrans)

SLEMAN - Pesawat Garuda Indonesia dengan Nomor Penerbangan GA210 registrasi PK-GFY dari Jakarta menuju Yogyakarta mengalami over run di ujung runway 27 saat mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Minggu 25 November 2018, siang.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Termasuk penerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta berjalan normal pasca-insiden itu.

loading...

Pesawat PK-GFY itu membawa 153 penumpang yang terdiri dari 148 penumpang dewasa, 3 Anak dan 2 Bayi mendarat pukul 14.00 WIB melalui Runway 09 (barat)-27 (timur) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

"Tidak ada penerbangan yang terdampak serta tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut," ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama dalam siaran persnya.

(Baca Juga: Usai Meliput Jokowi, Wartawan Istana Kaget Uangnya Raib di Bagasi Pesawat)

Pandu menjelaskan, pasca kejadian petugas sisi udara PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta bersama Tim Teknik Garuda Maintenance Facility (GMF) dan Groundhandling Garuda Indonesia segera menuju ke tempat kejadian untuk melakukan evakuasi.

Berkat kesigapan dari petugas gabungan, pesawat dapat dipindahkan dari ujung Runway 27 menuju Apron (Parking stand 1) melalui taxiway N4 dan NP untuk dilakukan pemeriksaan.

Pukul 14.24 WIB, Petugas PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melakukan pengecekan Landasan (Runway Inspection). Dari hasil pengecekan tersebut tidak diketemukan kerusakan di area Landasan sehingga runway dapat dioperasionalkan kembali pukul 14.34 WIB.

Operasional penerbangan berjalan normal di Bandara Adisutjipto pasca kejadian ini, juga telah dilakukan pengecekan melalui inspeksi runway guna memastikan keamanan di area landasan,

"Hingga saat ini, aktivitas operasional penerbangan di Bandara Intenasional Adisutjipto berjalan normal," jelas Pandu.

Pesawat itu langsung dipindahkan dari ujung runway 27 menuju apron (parking stand 1) melalui taxiway N4 dan NP untuk dilakukan pemeriksaan. Tidak ada kerusakan dan gangguan di badan pesawat tersebut. "Hasilnya pemeriksaan menyatakan pesawat tidak mengalami kerusakan," jelas Agus Pandu Purnama.

Sementara, Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I, Rio Hendarto Budi Santoso mengatakan peristiwa tergelincirnya pesawat tersebut karena lintasan runway sedang dalam keadaan basah. "Menurut laporan dari pilot sih, karena runway basah," ujar Rio.

Rio menerangkan pesawat tersebut tergelincir sejauh 3 meter dari runway timur. Pesawat itu tergelincir di bagian roda depan dan kemudian didorong mundur.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini