nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Permohonan Ganti Kelamin Pria Asal Tuban Dicabut

Nurul Arifin, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 16:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 27 519 1983535 permohonan-ganti-kelamin-pria-asal-tuban-dicabut-CREWKjoZTM.jpg

SURABAYA - Yoyok Prasetyo, pemohon ganti identitas kelamin di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya akhirnya mencabut permohonannya itu. Meski sudah melakukan operasi kelamin menjadi perempuan namun dalam identitasnya masih berstatus laki-laki.

Sidang yang digelar secara singkat ini tanpa dihadiri terdakwa dan kuasa hukumnya. Dalam sidang ini hanya Hakim Dede Suryaan dan seorang panitera dengan disaksikan sejumlah wartawan. "Hakim mengabulkan permohonan pemohon untuk dicabut," kata Dede di PN Surabaya, Selasa (27/11/2018).

Pengajuan permohonan ganti identitas kelamin diajukan warga asal Kabupaten Tuban Jawa Timur itu pada 13 November lalu. Tercatat dalam register PN Surabaya Nomor 1360/Pdt.P/2018/PN Sby. Dede mengaku tidak mengetahui pasti apa alasan pemohon mencabut permohonannya untuk mengganti klamin.

(Baca Juga: Ganti Kelamin, Pria asal Tuban Ajukan Perubahan Identitas ke PN Surabaya)

"Kami tidak tahu pasti kenapa pemohon mencabut laporannya, tapi kami mendapat surat untuk mencabut laporannya," kata Dede.

Bahkan Dede juga tidak mendapat konfirmasi kenapa pemohon dan kuasa hukumnya tidak hadir dalam persidangan kali ini. "Meski tidak hadir, kami tetap gelar untuk memutuskan pencabutan permohonan dari termohon saja," katanya.

(Baca Juga: PN Surabaya Pernah Kabulkan Permohonan Ganti Kelamin pada 2016)

Kata Humas PN Surabaya, Sigit Sutriono, PN Surabaya bukan kali pertama menangani permohonan ganti klamin. Pada 2016, seorang perempuan dikabulkan permohonannya menjadi seorang pria. Angelina Karuniata Kaban dimohonkan menjadi laki-laki dan merubah namanya menjadi Andreas Alessandro Kaban.

"Permohonan itu dikabulkan setelah melalui banyak pertimbangan dari beragam sudut pandang," kata Sigit

(kha)

Berita Terkait

LGBT

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini