nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kompak Jadi Penipu Modus Hipnotis, Ayah & Anak Dibekuk Polisi Bone

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 27 609 1983706 kompak-jadi-penipu-modus-hipnotis-ayah-anak-dibekuk-polisi-bone-A50eXEwg43.jpg Polisi menangkap pelaku penipuan modus hipnotis di Makassar (Foto: Herman Amiruddin)

MAKASSAR - Tim Khusus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Resmob Polres Bone mengepung sebuah rumah di Perumahan Sudiang tepatnya di Jalan Jeneponto, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanya, Selasa (27/11/2018) dini hari.

Dari rumah ini, tim gabungan mengamankan tiga orang pelaku penipuan modus hipnotis. Mereka adalah Halima (41), Rosmini alias Mimi (39), Randi (21). Ketiganya merupakan warga BTN Hamsi Blok A Kecamatan Tamalanrea.

 Ilustrasi

Setelah tiga pelaku itu diborgol, selanjutnya tim gabungan kembali bergerak menuju di Kelurahan Pampang 2 Kecamatan Panakkukang untuk menggerebek sebuah rumah. Di rumah itu polisi meringkus Muh Arham alias Arham (21)

"Tim gabungan mengamankan empat orang dalam penggerebekan berlangsung di dua lokasi berbeda pada Selasa dini hari sekitar pukul 04.30 Wita," kata Panit Timsus Polda Sulsel Aiptu Iqbal Kosman, kepada Okezone Selasa (27/11/2018)

(Baca Juga: Tergiur Rumah Subsidi Rp100 Jutaan, Ratusan Konsumen Kena Tipu Pengembang Bodong)

Belakangan diketahui, jika empat orang diamankan di sebuah rumah di Perumahan Sudiang tersebut tiga di antaranya bersaudara. Sementara satu lainnya adalah anak dari salah seorang pelaku ketiga bersaudara tersebut.

 Ilustrasi

Usai merampungkan barang bukti dan para pelaku digiring ke posko timsus Polda Sulsel untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kepada polisi, mereka satu keluarga ini mengaku telah melakukan penipuan dengan cara menghipnotis korbannya. Aksinya dilakukan di wilayah Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani saat dikonfirmasi mengatakan, telah mendapat kabar penangkapan satu keluarga yang merupakan pelaku tindak pidana penipuan itu.

"Penangkapan satu keluarga tersebut yang diketahui tiga orang bersaudara dan satu orang anaknya itu berdasarkan laporannya yang teregistrasi dengan nomor laporan polisi LP/25/XI/2018/SUL-SEL/Res Bone/Sek Salomeko," kata Dicky.

(Baca Juga: Baru Menikah, Istri Tipu Suami Bawa Kabur Uang Mahar Rp30 Juta dan Emas 6 Gram)

Dari laporan tersebut dikoordinasikan Polsek Salemekko, Polres Bone ke Timsus Polda Sulsel bahwa telah terjadi tindak penipuan di wilayahnya. "Keempat pelaku sudah diserahkan Polres Bone untuk diproses hukum lebih lanjut," kata Dicky.

Dari tangan keempat pelaku hipnotis ini diamankan barang bukti berupa satu unit mobil Toyota Avanza, satu unit gawai merek Samsung J7, satu unit gawai merek Samsung J2, satu unit gawai merek Sony lipat, dan 5 buah perhiasan emas palsu.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini