nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPBD Imbau Warga Waspada Luapan Sungai Komering

Antara, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 09:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 27 610 1983291 bpbd-imbau-warga-waspada-luapan-sungai-komering-Fm2fVqbDzD.jpg Ilustrasi. (Foto: Ist)

MARTAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, mengimbau masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan terjadi bencana luapan Sungai Komering. Prediksi ini mengingat tingginya curah hujan di wilayah itu sejak beberapa hari terakhir.

"Karena cuaca ekstrem seperti sekarang ini ditakutkan air sungai akan meluap hingga terjadi bencana banjir," kata Kepala BPBD Ogan Komering Ulu Timur Habibullah, di Martapura, Selasa (27/11/2018).

Menurut dia, bencana banjir dapat terjadi akibat debit air sungai meningkat dan meluap naik ke permukiman penduduk yang ada di bantaran sungai.

"Hujan deras yang berlangsung lama di hulu Sungai Komering selama berhari-hari dikhawatirkan dapat menimbulkan luapan air sungai hingga terjadi bencana banjir," katanya.

Ilustrasi luapan sungai. (Foto: Ist)

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya mengingatkan agar masyarakat, khususnya yang bermukim di bantaran sungai, untuk selalu waspada terjadinya luapan Sungai Komering guna menghindari adanya korban jiwa.

"Bencana dapat terjadi kapan saja. Jadi, masyarakat harus waspada agar jika sungai meluap dapat segera menyelamatkan diri ke dataran yang tinggi," tegasnya.

Dia mengemukakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan meluapnya air Sungai Komering yang membahayakan masyarakat di bantaran sungai wilayah setempat.

Namun, lanjut dia, pihaknya mengingatkan agar tim yang sudah dibentuk mulai dari tingkat desa hingga kecamatan untuk tetap waspada dan segera melaporkan jika terjadi bencana alam yang dapat membahayakan masyarakat.

"Tim penyelamatan yang sudah dibentuk harus tetap waspada untuk mengantisipasi adanya korban jiwa akibat bencana alam tersebut," ujarnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini