nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tegang dengan Ukraina, Rusia Kirimkan Sistem Rudal S-400 ke Krimea

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 28 18 1984051 tegang-dengan-ukraina-rusia-kirimkan-sistem-rudal-s-400-ke-krimea-McOQhcZys6.jpg Sistem pertahanan rudal S-400 milik Rusia. (Foto: Reuters)

MOSKOW – Rusia dilaporkan akan mengirimkan sistem rudal canggih S-400 barunya ke Semenanjung Krimea dalam waktu dekat. Laporan tersebut muncul di saat situasi di Krimea dalam keadaan panas menyusul insiden yang terjadi di Selat Kerch antara Rusia dan Ukraina.

Pada Minggu, kepal perang Rusia melepaskan tembakan dan menahan tiga kapal angkatan laut Ukraina yang dianggap telah melanggar perairan wilayah Rusia di lepas pantai Krimea. Pemerintah Ukraina memberlakukan status darurat militer selama 30 hari sebagai respons atas insiden tersebut.

BACA JUGA: Langgar Batas Laut, Rusia Tembak dan Tahan 3 Kapal Ukraina

Presiden Ukraina, Petro Poroshenko memperingatkan akan kemungkinan perang skala besar dengan Rusia atas tindakan yang oleh Barat disebut sebagai agresi itu. Ukraina juga dilaporkan telah mulai menguji penempatan pasukannya di perbatasan kedua negara. Rusia menyebut insiden pada Minggu itu sebagai sebuah provokasi yang direncanakan.

Kantor berita RIA yang dilansir Reuters Rabu (28/11/2018) mengatakan, sistem S-400 baru itu akan beroperasi di Krimea pada akhir tahun ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini