nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Penyelundup Hewan Asal Malaysia Divonis 1 Tahun Bui

Aini Lestari, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 28 340 1984214 dua-penyelundup-hewan-asal-malaysia-divonis-1-tahun-bui-LSIjlesMoY.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

BATAM - Dua terdakwa kasus penyelundupan hewan dari Malaysia, Agustiar dan Teddy Yogatama dijatuhi hukuman satu tahun bui oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (28/11/2018).

Keduanya dinyatakan terbukti bersalah melanggar Pasal 102 huruf (a) UU RI Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan Jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP.

(Baca Juga: Jual Organ Tubuh Harimau di Medsos, Ilyas Dihukum 2 Tahun Penjara)

Mereka diketahui sengaja menyelundupkan ribuan hewan berbagai jenis dari Malaysia ke Batam. Perbuatan ini dilakukan atas perintah Yanto yang meminta bantuan terdakwa Teddy untuk memasukkan kura-kura dan iguana dari Pasir Gudang Malaysia ke Batam.

Atas permintaan tersebut, terdakwa Teddy berkenalan dengan terdakwa Agustiar dari rekannya Adam. Agustiar diketahui akan membawa kapal yang digunakan untuk mengangkut ribuan hewan tersebut.

 Ilustrasi

Hingga akhirnya, terdakwa Agustiar mengangkut ribuan hewan tersebut menggunakan kapal KM Batam Indah - IV GT 148. Kapal tersebut berlayar dari Pasir Gudang Malaysia menuju ke Perairan Pelabuhan Batu Ampar. Namun, saat baru memasuki perairan Batu Ampar, kapal yang dinahkodai Agustiar diperiksa oleh petugas Bea Cukai.

Dari hasil pemeriksaan diketahui, kapal tersebut mengangkut 909 ekor kura-kura, 24 ekor iguana, 6 ekor burung perkutut, 12 ekor love bird, seekor anak buaya dan 12 buah tanaman hias. Keseluruhan muatan kapal ini tidak memiliki dokumen.

(Baca Juga: Polda Jabar Ringkus Pelaku Penjualan Elang Langka Lewat Medsos)

Dari hasil pemeriksaan tehadap Agustiar, diketahui bahwa hewan-hewan tersebut merupakan milik Teddy. Selanjutnya, petugas Bea Cukai melakukan pengembangan dan membawa Agustiar ke Pelabuhan Batu Ampar. Tak lama, terdakwa Teddy menghubungi Agustiar untuk mengambil muatan kapal tersebut. Saat itulah, Teddy diamankan petugas Bea Cukai.

Perbuatan para terdakwa ini tak hanya diganjar dengan hukuman setahun penjara. Namun, keduanya juga dikenakan denda sebesar Rp50 juta dengan subsider 3 bulan kurungan badan.

Putusan yang dijatuhkan majelis hakim Syahlan, Muhammad Chandra dan Redite Ika Septina ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mega Tri Astuti. Pada persidangan sebelumnya, JPU Mega menuntut para terdakwa dengan hukuman 1 tahun dan 6 bulan penjara ditambah denda sebesar Rp50 juta dengan subsider 3 bulan penjara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini