nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Napi Terorisme dan Narkoba Dipindah ke Nusakambangan

Antara, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 10:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 28 512 1983852 puluhan-napi-terorisme-dan-narkoba-dipindah-ke-nusakambangan-84LsJEjvgT.jpg Pulau Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah (Foto: Okezone)

CILACAP - Puluhan napi kasus terorisme dan narkoba dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsindur, Bogor, Jawa Barat ke sejumlah lapas di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Puluhan napi yang diangkut menggunakan lima bus pariwisata itu tiba di Dermaga Wijayapura (tempat penyeberangan khusus menuju Pulau Nusakambangan-red), Cilacap pada Rabu (28/11/2018) pukul 08.00 WIB, dengan pengawalan anggota Brimob dan Densus 88 Antiteror Polri.

Selanjutnya, bus-bus tersebut diseberangkan ke Dermaga Sodong di Pulau Nusakambangan dengan menggunakan Kapal Pengayoman IV secara bergantian.

Saat dihubungi melalui sambungan telefon, Koordinator Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap, Hendra Eka Putra mengatakan, jumlah napi yang dipindahkan dari Lapas Gunungsindur sebanyak 67 orang.

"Ada 67 orang terdiri atas 30 napi kasus narkoba dan 37 napi kasus terorisme," katanya.

Menurutnya, ke-67 napi itu akan ditempatkan di sejumlah lapas, yakni 30 orang di Lapas Batu, 10 orang di Lapas Besi dan 27 orang Lapas Pasir Putih.

"Yang dimasukkan ke Lapas Batu itu kasus narkoba semua, beberapa di antaranya warga negara asing. Mereka merupakan bandar narkoba yang divonis hukuman seumur hidup hingga hukuman mati," katanya.

Ia menambahkan, Lapas Nusakambangan pada Senin 26 November 2018 lalu juga menerima sebanyak 20 napi yang dipindahkan dari sejumlah lapas dan rumah tahanan negara (rutan) di Jawa Timur.

Ke-20 napi dari Jawa Timur itu terdiri atas 15 napi kasus narkoba dan lima napi kasus terorisme. "Mereka ditempatkan di Lapas Batu dan Lapas Narkotika," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini