nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diupah Rp15 Juta, Calon Penumpang Pesawat Simpan 500 Gram Sabu di Sepatu

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 23:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 28 608 1984225 diupah-rp15-juta-calon-penumpang-pesawat-simpan-500-gram-sabu-di-sepatu-ptSrbdFTsV.jpg

MEDAN - Petugas keamanan bandara (aviation security/avsec) Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, menangkap seorang pemuda asal Aceh berinisial MK alias Khaldun (35), saat melintasi pos pemeriksaan di Sentralisasi Security Check Point (SSCP) bandara Kualanamu, Rabu (28/11/2018) sekitar pukul 04:00 WIB.

Calon penumpang maskapai penerbangan Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6881 rute Kualanamu-Soekarno Hatta itu, ditangkap karena kedapatan membawa serbuk putih diduga narkoba jenis sabusabu, seberat 500 gram.

Manager Hukum dan Humas PT Angkasa Pura Cabang Kualanamu, Wisnu Budi Setyanto mengatakan, penangkapan terhadap pelaku bermula dari kecurigaan petugas mereka atas gerak-gerik tersangka. Saat diperiksa, awalnya petugas tidak menemukan barang terlarang dari bawaan tersangka. Namun saat dilakukan pemeriksaan manual terhadap sepatu tersangka, ditemukan enam buah plastik berisi serbuk putih diduga sabusabu tersebut.

“Berdasarkan profiling atau pengamatan secara visual oleh Avsec, yang bersangkutan dicurigai berdasarkan gerak gerik dan cara berjalannya. Yang bersangkutan kemudian dilakukan pemeriksaan badan dan diminta untuk melepas sepatu yang dikenakan, guna dimasukkan ke mesin pemindai X- Ray. Setelah dilakukan pemerikasan manual pada sepatu yg dikenakannya didapat 3 ( tiga ) plastik disetiap sepatunya sehingga berjumlah 6 ( enam ) plastik dan setelah ditimbang berjumlah 500 gram, diduga narkotika jenis sabusabu,”terang Wisnu.

Dari pemeriksaan awal, lanjut Wisnu, tersangka MK mengaku diperintah oleh seseorang untuk membawa barang haram itu ke Lombok Nusa Tenggara Barat, melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Atas jasanya itu, ia dijanjikan upah Rp.15 juta.

“Saat ini tersangka berikut barang buktinya sudah kita serahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres Deliserdang untuk penyidikan lebih lanjut,” tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini