nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akademisi Didorong Riset Pengaruh Sosmed terhadap Sikap Politik Masyarakat

Rany Fauziah, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 18:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 28 65 1984131 akademisi-didorong-riset-pengaruh-sosmed-terhadap-sikap-politik-masyarakat-jt0rZhd9dP.jpg Ilustrasi: Shutterstock

BANDUNG- Menghadapi proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif di Indonesia menghasilkan beragam opini publik di media sosial. Penggiringan kepada informasi yang menyesatkan (hoax) bahkan kampanye hitam bermunculan untuk menyerang kandidat. Fenomena ini harus disikapi dengan baik oleh para akademisi.

Dilansir dari laman Universitas Padjajaran, Rabu (28/11/2018), Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Universitas Padjadjaran Dr. Keri Lestari, M.Si., mengatakan, opini publik di medsos lebih mampu mempengaruhi sikap politik masyarakat Indonesia. Dr. Keri mengatakan, medsos menjadi ruang efektif bagi para kandidat untuk menyampaikan berbagai program politiknya.

Baca Juga: Jokowi Ingin Tabok Pembuat Hoaks, Moeldoko: Bercanda, Jangan Terlalu Serius

Untuk itu, dia mendorong akademisi dan peneliti opini publik untuk melakukan riset tentang hal ini. Dr. Keri menilai, riset tentang opini publik sangat relevan dengan kondisi sosial masyarakat Indonesia di masa pemilihan umum saat ini.

Melalui seminar internasional yang mengangkat tema “Development of Media and Public Opinion in Asia” ini digelar atas kerja sama Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad dengan The Asian Network for Public Opinion Research (ANPOR). Dr. Keri berharap dapat terbangun kerja sama akademik yang intensif dalam acara ini. Acara ini diharapkan tidak sekadar diseminasi hasil riset yang dilakukan, tetapi dapat terjalin kerja sama riset dan melahirkan program yang baik.

Baca Juga: Hoaks Jokowi Kader PKI Sudah Basi

Sejumlah pemakalah telah mengirimkan abstrak pada seminar internasional ini. Presiden ANPOR Prof. Dr. Jantina Kheokao mengatakan, prosiding yang masuk dalam seminar ini akan dipublikasikan di Asian Journal for Public Opinion Research (AJPOR).

Seminar internasional ini menghadirkan pembicara kunci Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat Dr. Hening Widiatmoko. Adapun pembicara utama dalam seminar ini yaitu: Prof. Dr. Jack Linchuan Qiu (Hongkong), Prof. Dieter C. Umbach (Jerman), Prof. Luo Yunjuan (China), Prof. Dr. Biswajit Das (India), Dr. Brian Bantugan (Filipina), dan Dr. Kunto Adi Wibowo (Fikom Unpad).

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini