nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Kepercayaan, Calon Wirausaha Dibekali Motivasi

Awal Faizin, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 13:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 29 65 1984478 tingkatkan-kepercayaan-calon-wirausaha-dibekali-motivasi-r8pFKzfUC0.jpg Foto: Penutupan Program PKW (Ist)

SEMARANG - Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Semarang menutup Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Kursus Menjahit Busana pada Rabu 28 Oktober 2018 dengan menghadirkan motivator untuk meningkatkan kepercayaan diri warga belajar dalam berwirausaha.

SKB Kota Semarang membuka kesempatan belajar kepada masyarakat dalam kursus menjahit busana yang laksanakan pada setiap hari Senin sampai Kamis dimulai pukul 15.30 hingga 18.15 WIB dalam kurun waktu dua bulan, terhitung sejak 27 September 2018.

Baca Juga: Motivasi Mahasiswa Buka Usaha, Kopertis Akan Buat Entrepreneurship Award

Warga belajar dibekali mesin jahit dan alat rintisan usaha secara gratis untuk menunjang selama pendidikan. Umi Solikhah selaku Ketua Program PKW menjelaskan bahwa warga belajar sudah dibekali dengan keterampilan menjahit dari membuat pola hingga finnishing, untuk melengkapi pendidikan tersebut pihak SKB Kota Semarang memberikan motivasi warga belajar dalam kewirusahaan.

Selain itu, bagi warga belajar yang sudah menempuh pendidikan akan di berikan sertifikasi lulus yang dikeluarkan oleh pihak SKB.

“Kami hadirkan motivator, agar warga belajar semakin percaya diri dalam merintis usaha. Kami akan selalu memantau perkembangan mereka, seberapa prosen keberhasilan program sebagai bahan evaluasi. Kami juga membuka pendampingan bagi warga belajar meskipun program sudah kami tutup,” katanya seperti dikutip keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

 

Hadir dalam rangka penutupan program PKW, Winarno memberikan motivasi kepada warga belajar akan pentingnya kewirausahaan.

Dalam paparannya, dijelaskan kewirausahaaan menjadi hal yang fundamental dan penting untuk menjawab tantangan padatnya penduduk, sehingga dengan keterampilan yang sudah dimiliki warga belajar mampu mebuka usaha

“Pesan saya, sebisa mungkin me-manage ilmu yang sudah didapat untuk mengembangkan diri dalam wirausaha dan ending-nya untuk kesejahteraan keluarga juga membantu masyarakat di sekitar,” kata Winarno selaku Fasilitator Achivement Motivation Training.

Baca Juga: Tak Hanya Jadi Pencari Kerja, Mahasiswa Ditarget Jadi Wirausahawan

Acara penutupan yang diisi dengan motivasi juga disambut baik warga belajar. Marlina (36) warga belajar asal Ungaran menuturkan bahwa dengan diberikan motivasi ini menambah semangat untuk berwirausaha.

Selain itu, adanya program PKW Kursus Menjahit Busana dapat memberikan keterampilan yang dapat menambah penghasilan.

“Harapannya, akan ada banyak program yang diberikan dan lebih banyak lagi orang yang mengikuti program seperti ini karena bermanfaat sekali untuk menambah keterampilan,” tutupnya.

(Awal Faizin, Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini