nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkumham: Lapas Banda Aceh Kapasitasnya 380 Napi tapi Dihuni 727 Orang

Windy Phagta, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 30 340 1985097 kemenkumham-lapas-banda-aceh-kapasitasnya-380-napi-tapi-dihuni-727-orang-Spv9K3VQ0j.jpg Kondisi Lapas Klas IIA Banda Aceh Pasca-Kericuhan Napi (foto: Windy P/Okezone)

BANDA ACEH - Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Banda Aceh di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar dianggap sudah melebihi (over) kapasitas. Lapas tersebut dihuni 727 narapidana, padahal daya tampung hanya 380 orang.

“Sudah over kapasitas, bahkan penghuninya sudah dua kali lipat, Kapasitas lapas 380, tapi penghuni mencapai 727 (orang),” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh, Agus Toyib kepada wartawan, Jumat (30/11/2018).

(Baca Juga: Cari 87 Napi Lapas Banda Aceh yang Kabur, Polisi Lakukan Ini)

Suasana di Lapas Banda Aceh pascarusuh. (Foto : Istimewa)	Suasana di Lapas Banda Aceh pascarusuh. (Foto : Istimewa) 

Agus menyebutkan over kapasitans juga dialami lapas-lapas lain seluruh Aceh. Namun, hal itu tidak menjadi faktor kaburnya napi di Lapas Klas IIA Banda Aceh.

Kemarin, 113 napi di Lapas Banda Aceh kabur usai menjebol ruang utama dan memukul sipir yang ada di parkiran.

Petugas jaga di Lapas Banda Aceh, menurut Agus, sangat kurang dan tak sebanding dengan jumlah napi. Saat napi kabur kemarin, hanya ada 12 petugas yang berjaga.

“Penjagaan ada, dan mereka terbagi-bagi ada di pos atas dan pintu. Nah, ini jumlah yang lari terlalu banyak, jadi upaya pencegahan sulit dilakukan,” tegasnya.

Menurut Agus, hasil investigasi kaburnya ratusan napi pada Kamis 29 November 2018, murni keinginan para napi. "Naluri orang tidak ingin dihukum, mereka tidak ingin berada di dalam. Sehingga saat ada kesempatan dan kelengahan pegawai, dimanfaatkan oleh mereka." urainya.

Dia menjelaskan, narapida yang kabur rata-rata tersandung kasus narkoba. Saat ini pihak kepolisian sedan melakukan pengeharan 87 napi yang masih kabur. Pasalnya dari 113 napi yang kabur, baru 26 orang yang berhasil ditangkap.

(Baca Juga: Kerusuhan Berujung Napi Kabur, DPR: Lapas Banda Aceh Overkapasitas)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini