Mimika Siaga 1 saat HUT OPM, Ratusan Personel Keamanan Dikerahkan

Saldi Hermanto, Okezone · Sabtu 01 Desember 2018 02:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 30 340 1985316 mimika-siaga-1-saat-hut-opm-ratusan-personel-keamanan-dikerahkan-qFQYmnyWnY.jpg Siaga 1 saat HUT OPM. (Foto: Saldi Hermanto/Okezone)

TIMIKA - Kepolisian di Kabupaten Mimika, Papua mulai melakukan antisipasi saat peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2018.

Mulai Jumat (30/11) malam, ratusan personel gabungan dari Polri dan TNI telah disiagakan pada sejumlah titik lokasi yang dianggap rawan dengan terjadinya gangguan kamtibmas maupun pengibaran bendera bintang kejora.

Menurut Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Mimika, AKP Andyka Aer saat diwawancara awak media Jumat malam, status siaga 1 diberlakukan mulai Jumat hingga Senin (3/12) pagi.

"Statusnya di Mimika siaga 1 sampai Senin pagi," ujar AKP Andyka.

Ilustrasi.

Untuk itu, pengamanan sudah dilakukan pada Jumat malam dengan melibatkan personel gabungan sebanyak 100 orang

"Kegiatan pengamanan malam ini, untuk personel yang terlibat ada 100 orang, ada rekan-rekan dari Denkav, Satrad, Brigif, dari Kodim dan juga dari Brimob Den B dan Brimob Ternate," katanya. Pengamanan dilakukan dengan razia (sweeping) dan patroli secara rutin.

(Baca juga: Jelang HUT OPM dan GAM, Polri Tingkatkan Pengamanan)

"Dan ini kegiatan kita laksanakan terus berlanjut sampai hari Senin (3/12) pagi baru selesai. Yang kita antisipasi atau yang sebenarnya ingin kita capai adalah, 1 Desember ini kegiatan masyarakat tetap normal dan tidak ada gangguan kamtibmas lainnya, itu saja," katanya.

Hingga Jumat malam, kata AKP Andyka, belum ditemukan informasi atau indikasi pergerakan kelompok atau massa yang mengarah pada gangguan kamtibmas. Bahkan untuk tempat hiburan malam maupun tempat penjualan minuman keras beralkohol juga telah diimbau untuk tutup hingga batas waktu yang telah ditentukan.

"Indikasi belum ada, dan kita harapkan tidak ada. Apabila ada, pasti kita ambil tindakan tegas," ujarnya.

Total personel gabungan Polri dan TNI yang dikerahkan untuk mengamankan HUT OPM 1 Desember kurang lebih 500 orang.

Jajaran polsek-polsek di bawah Polres Mimika juga melakukan kegiatan yang sama di wilayahnya masing-masing. Polsek Mimika Baru melakukan pengamanan dari Jalan C. Heatubun hingga Kwamki Narama. Polsek Kuala Kencana melakukan pengamanan di SP 12 dan SP 9, dan Polsek Mimika Timur terfokus di lokasi Kilometer 11. Sedangkan personel gabungan Polres Mimika, TNI dan Brimob terfokus pada tiga titik lokasi di wilayah kota, di antaranya Lapangan Timika Indah dan Jalan Sosial yang merupakan markas Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Sementara itu terkait peringatan HUT OPM 1 Desember ini, sejumlah pihak khususnya masyarakat asli Papua ada yang melakukan ibadah pada beberapa gereja, salah satunya di Gereja Kingmi Jemaat Bahtera yang berlokasi di depan Polsek Mimika Baru.

"Kita sudah ketemu yang di depan Polsek Miru (Mimika Baru), sama yang penyelenggaranya kita sudah ketemu dan sudah sampaikan kalau ibadah silakan, tapi kalau misalnya disusupi dengan yang lain-lain berarti yang bersangkutan, yang penyelengara ini bertanggungjawab. Kita antisipasi, anggota juga sudah ada yang melekat didalam untuk memantau," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini