nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Pastikan Pesawat Lion Air PK-LQP Layak Terbang

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 14:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 30 519 1985015 menhub-pastikan-pesawat-lion-air-pk-lqp-layak-terbang-uaUAbFPfk9.jpg Menhub Budi Karya Sumadi (foto: Okezone)

MALANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan laporan yang disampaikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bahwa pesawat Lion Air PK-LQP tidak layak terbang adalah salah alias keliru.

Hal ini sampaikan saat menghadiri talkshow dan kuliah tamu di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Jumat (30/11/2018).

(Baca Juga: KNKT Ungkap 6 Kerusakan Lion Air JT-610 Sebelum Jatuh) 

Usai Ditemukan, Black Box Lion Air JT 610 Langsung Diserahkan ke KNKT

"Saya mengikuti apa yang direkomendasikan KNKT kemarin. Saya mendengar sebenarnya menurut KNTK itu salah pengertian pada dasarnya dari pengamatan sampai sejauh ini penerbangan ini layak," terang Budi kepada wartawan.

Menurutnya, pernyataan dari KNKT yang disampaikan tidak ada yang dikurangi dan ditambahkan. "Itu koreksi dari KNKT, saya tidak menambahi dan mengurangi. Mereka menyatakan yang kemarin itu salah persepsi disampaikan," lanjutnya.

Bahkan, Menhub Budi Karya memastikan secara tertulis tak ada yang disampaikan tidak layak dari penerbangan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 yang jatuh di perairan Karawang pada 29 Oktober 2018 lalu.

Sebelumnya pada Rabu 28 November 2018, KNKT sempat mengemukakan pesawat Lion Air PK-LQP itu sempat tak layak terbang lantaran mengalami kerusakan ketika penerbangan rute Denpasar-Jakarta sehari sebelum jatuh.

Namun pada Kamis 29 November 2018, KNKT melalui Ketua Subkomite Investigasi KNKT Nurcahyo Utomo menyampaikan bahwa pesawat Lion Air tersebut layak terbang.

(Baca Juga: Penjelasan KNKT soal Kerusakan yang Sebabkan Lion Air JT-610 Jatuh)


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini