nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbatasan Aceh-Sumut Diperketat Pasca-Kaburnya Napi Lapas Lambaro

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 30 608 1985006 perbatasan-aceh-sumut-diperketat-pasca-kaburnya-napi-lapas-lambaro-FFmtTk2sFH.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

MEDAN - Polda Sumatera Utara (Sumut) meningkatkan pengawasan di daerah perbatasan Aceh-Sumut pasca-kaburnya 113 narapidana dari lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A, Lambaro, Aceh, Kamis 29 November 2018 kemarin.

Diperketatnya kawasan tersebut untuk mempersempit ruang gerak para narapidana yang kabur, sekaligus mengantisipasi masuknya para napi kabur itu ke wilayah hukum Sumut.

"Kapolda sudah menginstruksikan agar kita memperkuat pengawasan di daerah perbatasan di Langkat dan kawasan Aceh Tenggara yang berbatasan dengan Sumut. Kita juga akan membantu pencarian," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Jumat (30/11/2018).

(Baca Juga: 87 Napi Lapas Banda Aceh Masih Buron, Polisi Beri Waktu 3x24 Jam untuk Serahkan Diri)

Napi kabur

Selain di perbatasan, Polda Sumut juga melakukan pengetatan penjagaan di lapas-lapas dan rutan se-Sumut. "Itu dilakukan agar insiden yang terjadi di Lambaro, tak terjadi di lapas dan rutan di Sumut," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Ade Kusmanto mengatakan, insiden tersebut terjadi pada saat napi hendak melaksanakan Salat Magrib. Ketika itu, ada warga binaan yang melakukan provokasi kepada napi lain untuk kabur.

"Mereka kemudian terpengaruh. Napi membobol tembok lapas. Masalah motifnya sedang kita dalami," sebutnya.

(Baca Juga: Napi Lapas Banda Aceh Kabur, Dirjen PAS Perintahkan Tingkatkan Inspeksi di Jam Rawan)

Ilustrasi

Ade mengungkapkan, pihaknya sudah menangkap sejumlah napi yang melarikan diri. “Sekitar 23 orang napi sudah tertangkap, mudah-mudahan nanti siang bertambah lagi,” jelas dia.

Pihak lapas dibantu aparat TNI dan Kepolisian untuk menyisir wilayah Aceh guna mencari puluhan napi lainnya yang masih dalam pelarian.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini