nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meninggal di Peru, Jenazah ABK Asal Indonesia Diserahkan ke Keluarganya

Rus Akbar, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 01 340 1985496 meninggal-di-peru-jenazah-abk-asal-indonesia-diserahkan-ke-keluarganya-rusbF36rHj.jpg Jenazah ABK China asal Indonesia (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Jenazah Yogi Pratama (22) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) berbendera China Lurongyuangyu 969 akhirnya diserahkan kepada keluarganya di RS Bhayangkara Polda Sumbar, setelah dua bulan setengah jenazah tersebut diproses pemulangannya dari negara Peru.

Yogi Pratama merupakan warga kelurahan Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat dan sudah berlayar pada 7 Oktober 2017. Kapal tersebut beroperasi menangkap ikan dengan daerah operasinya dari Argentina dan Peru.

 Baca juga: 4 Tahun Lumpuh di Taiwan, TKI Asal Banyumas Akhirnya Kembali ke Tanah Air

“Kami dapat kabar dari perusahaan Yogi meninggal sekira 18 September penyebabnya sakit perut saat dalam pelayaran dari Argentina ke Peru, Yogi meninggal dunia di atas kapal,” kata Hendra (41) ayah dari almarhum saat di RS Bhayankara Polda Sumbar di Padang, Sabtu (1/12/2018).

Rencananya di RS Bhayangkara tersebut jenazah akan dimandikan dan serah terima dengan pihak keluarga setelah itu jenazah tersebut akan dibawa pulang oleh pihak keluarga. “Pihak perusahaan telah menyerahkan gaji selama Yogi bekerja dan tanggungan lainnya,” kata Hendra.

 Jenazah ABK China asal Indonesia (Rus Akbar/Okezone)

Sementara perwakilan dari perusahaan yang mempekerjakan Yogi oleh PT. Bahari Kru Manajemen Tegal, Muksin memberikan keterangan yang tidak jauh berbeda. Kedatangan Muksin ini mengantarkan jenazah sampai ke rumah sakit.

 Baca juga: TKI Asal Kulonprogo Meninggal Dunia di Hongkong

“Sebelum meninggal almarhum mengeluh sakit perut saat itu dipikirnya sakit perut biasa setelah minum obat yang dia bawa sendiri dari rumah tahu-tahunya sakitnya bertambah parah, akhirnya teman satu kamarnya memanggil dokter yang ada di atas kapal beberapa saat dokter itu datang tapi setelah ditunggui dokter anak itu tidak tahan akhirnya tidak tertolong lagi,” ujarnya.

Kata Muksin padahal pada saat itu rencananya Yogi akan dilakukan operasi di Rumah sakit di Peru, namun karena sudah meninggal dunia kapal ikan disandarkan langsung di pelabuhan terdekat dalam wilayah Peru.

“Jenazah dibawa ke rumah sakit. Yogi meninggal itu tujuh sampai 8 hari setelah lego jangkar dari pelabuhan terakhir di Argentina. Jenazah baru sampai ke Indonesia di Bandar Soekarno Hatta pada pukul 18.00 WIB kemarin dan pagi tadi sampai di Padang,” terangnya.

Sementara Kasi perlindungan dan pemberdayaan Bp3TKI Padang, Valerie Christie Faisal mengatakan keterangan dari surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Protokol Dan Konsuler, Kementerian Luar Negeri tertanggal 28 September 2018, almarhum mulai berlayar pada 7 Oktober 2017.

 Baca juga: 153 TKI Bermasalah Kembali Dideportasi dari Malaysia

KBRI Lima di Peru menerima informasi dari agen pelayaran Oceanica Maritime SAC yang mengabarkan mengenai WNI atau ABK meninggal dunia atas nama Yogi Pratama.

“PT Bahari Kru Manajemen menyampaikan beberapa poin terkait kematian almarhum antara lain, sebelum meninggal, almarhum berlayar sejak 7 Oktober 2017. Pihaknya telah menghubungi keluarga almarhum dan berencana mendatanginya secara langsung pada 1 Oktober 2018, untuk menyampaikan rasa duka dan memberikan hak-hak almarhum termasuk santunan,” katanya.

Kemudian pihak Bp3TKI Padang telah berkomunikasi secara intensif dengan KBRI Lima terkait meninggalnya almarhum, dan Pemulangan jenazah almarhum akan diproses oleh Indonesian Fisherman Association (Infisa).

Sebelum menyerahkan jenazah pihak Bp3TKI Padang juga menyerahkan santunan kepada keluarga almarhum di RS Bhayangkara disaksikan oleh keluarga terdekat Yogi. Sementara isak tangis dari ibu dan keluarga lainnya tidak terbendung ketika peti jenazah dibawa ke ruang jenazah saat hendak dimandikan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini