nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Langkah Perawatan Mobil Selama Musim Hujan

Mufrod, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 11:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 02 15 1985697 5-langkah-perawatan-mobil-selama-musim-hujan-jP6k7cC80w.jpg Cara mencuci mobil musim hujan (Foto: Ist)

JAKARTA - Memasuki musim hujan selama beberapa bulan kedepan, pemilik mobil tentu harus ekstra meluangkan banyak waktu untuk melakukan perawatan mobil karena kotor ataupun wajib menghilangkan kadar asam dari air hujan yang telah mengguyur mobil.

Sebagaimana diketahui air hujan mengandung asam dan polusi jika dibiarkan akan menyebabkan jamur dan karat pada lapisan cat. Meski demikian, ada beberapa tips mudah untuk merawat body mobil kesayangan, tanpa harus ke salon mobil.

Menurut Mochamad Edy Trainer Sonax Indonesia, pemilik mobil harus melakukan 5 langkah untuk mencuci mobil agar tetap terawat dengan baik diantaranya mencuci, claying, polish, protection dan maintenance.

Langkah pertama, mencuci mobil sendiri ternyata tak bisa sembarangan dimana air yang digunakan harus memiliki kandungan Ph 7 atau neutral tidak mengandung mineral seperti halnya air Pam. Namun kadang hal ini kurang diperhatikan dan masih saja ada yang menggunakan air Tanah ataupun kondisi airnya tidak memiliki ph 7.

Jika harus terpaksa menggunakan air tanah, maka disinilah peran sampho mobil dibutuhkan. Seperti penggunaan Sonax Xtreme active yang memiliki kemampuan menetralisirkan Ph air dan sekaligus melapisi mineral pada air sehingga meminimalisirkan baret halus yang kerap muncul pada cat kesayangan anda.

 

Langkah kedua yakni Claying yang harus dilakukan minimal sebulan sekali. Pada proses claying ini kita dapat membersihkan permukaan cat kita dari polusi-polusi seperti oksidasi, overspray, getah pohon dan bahkan jamur. Polusi-polusi ini pada umumnya menyebabkan kendaraan kita menjadi kasar dan kusam. Proses Claying menurut Edy cukup menggunakan product Sonax Xtreme spray and clay.

Prosesnya pun hanya dengan menggosokkan clay bar dan menyemprotkan lubrikasi yang didapatkan dari product xtrme spray and clay pada permukaan cat Anda. Cat anda pun akan menjadi bebas dari polusi dan menjadi halus.

Langkah yang ketiga polish berfungsi untuk menghilangkan baret halus itu diakibatkan oleh proses pencucian yang salah, dan hal ini menyebabkan permukaan cat kendaraan anda menjadi terlihat kusam. Apabila cat kendaraan anda terlihat kusam karena baret halus yang cukup banyak, bisa menggunakan Xtreme polish and wax 3. Apabila kendaraan anda hanya terdapat baret halus saja maka gunakanlah Xtreme polish and wax 2.

Langkah keempat melakukan proteksi permukaan cat kendaran dengan cara coating maupun wax. Coating sendiri cara perawatan yang cukup mahal. Pemilik mobil bisa menggunakan cara wax. Pengaplikasian wax cukup mudah, cukup mengunakan applicator sponge dan dioleskan secara merata pada permukaan cat kendaraan anda dengan mengunakan Xtreme brilliant wax 1. Tujuan utamanya kendaraan di wax untuk melindungi lapisan cat dari polusi seperti oksidasi, jamur yang bisa merusak cat secara permanen.

 

Langkah kelima, setelah body mobil dicuci, kemudian claying, polish dan diberi perlindungan kendaraan kita juga tetap harus di maintain kondisnya. Body mobil hanya tinggal disemprot menggunakan Xtreme Brilliant Shine Detailer dan Xtreme Spray and Seal untuk perawatan harian atau mingguan. Kedua produk ini dapat memberikan lapisan watersheeting sehingga permukaan kendaraan anda seperti daun talas dimana air tidak akan menetap pada permukaan cat.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini