nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil dengan Lampu DRL Bisa Bingungkan Pengemudi Lain, Ini Buktinya

Mufrod, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 17:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 03 15 1986241 mobil-dengan-lampu-drl-bisa-bingungkan-pengemudi-lain-ini-buktinya-osAbxnuZCT.jpg DRL pada mobil (Foto: Ist)

WASHINGTON - Day Running Light (DRL) atau lampu siang hari yang saat ini banyak diterapkan produsen mobil pada semua model mobilnya, digunakan bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Hadirnya DRL sendiri dinilai membantu pengendara di depannya mengetahui adanya kendaraan di belakang. Namun sayangnya lembaga suvey RAC yang bermarkas di Washington DC menilai lampu DRL dinilai bisa membingungkan pengemudi belakang.

Hal ini dinilai, penggunaan lampu DRL yang menyala secara otomatis ketika mesin dihidupkan, dalam kondisi cuaca mendung bisa membingungkan pengemudi di belakangnya, karena lampu belakang tidak menyala dengan otomatis. Hal ini dinilai karena banyak pengendara yang tidak menyalakan lampu utama dan hanya mengandalkan DRL saat terjadi cuaca sedikit mendung.

 

Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan RAC, sebanyak 2.061 pengemudi tidak menemukan pengemudi menyalakan lampu utama dalam kondisi mendung dan hanya mengandalkan DRL. Sehingga lampu belakang tidak menyala. Demikian seperti dikutip dari Fleetnews, Senin (3/12/2018).

Juru bicara keselamatan jalan RAC Pete Williams mengatakan: "Ini berpotensi menjadi temuan yang sangat mengkhawatirkan karena ini menyiratkan bahwa banyak pengendara mengemudi tanpa lampu belakang percaya bahwa karena mereka memiliki lampu yang menyala secara otomatis di depan, mereka juga berada di belakang.

Penerapan lampu siang hari sudah dilakukan penelitiannya seperti Amerka dimana studi Amerika dari 2008 menempatkan angka pada 0,3% sederhana, namun ketika Uni Eropa menyelidiki masalah pada tahun 2003 itu menunjukkan ada kemungkinan pengurangan tabrakan multi-partai antara 5% dan 15%.

 

Sementara undang-undang Uni Eropa mengharuskan semua mobil dan van kecil yang diproduksi sejak 2011 memiliki lampu siang hari, truk dan bus tidak dimasukkan dalam undang-undang hingga Agustus 2012. Kendaraan yang diproduksi sebelum hari-hari ini tidak harus dipasang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini