nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisakah Anda Percaya Bagaimana Benda-Benda Purba Langka Berharga Ini Ditemukan?

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 07:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 03 18 1985941 bisakah-anda-percaya-bagaimana-benda-benda-purba-langka-berharga-ini-ditemukan-S2um9GbJWa.jpg Tembikar kuno bernama Indus Valley Harappan Civilisation yang berusia 4.000 tahun ini terjual di balai lelang seharga Rp1,4 juta. (Hansons Auctioneers)

Apa yang Anda bayangkan bisa ditemukan di balik sofa, di tangga masuk rumah, di ladang penggalian?

Uang logam, bolpen, kemasan permen, sampah, kerikil?

Siapa tahu barang-barang sekitar Anda yang kelihatannya biasa-biasa saja ternyata sebenarnya adalah karya seni purbakala atau benda langka yang sebenarnya bernilai jutaan hingga miliaran rupiah.

Seorang pria dari Derbyshire, Inggris, baru-baru ini membeli sebuah wadah sikat gigi di loakan, dengan harga £4 atau Rp75 ribu. Ternyata kemudian, benda itu adalah tembikar purba berusia 4.000 tahun.

Berikut ini adalah benda-benda bersejarah atau tak ternilai atau langka yang ditemukan secara tak terduga.

1. Naskah kuno Deklarasi Kemerdekaan

Tidak setiap hari Anda pergi ke sebuah toko yang menjual barang-barang bekas dan menemukan salah satu naskah paling penting dalam sejarah negara Anda.

Begitulah yang terjadi pada seorang pria yang membeli sebuah lukisan senilai $4 atau Rp57 ribu karena ia menyukai bingkainya di toko barang bekas di Pennsylvania, sekitar 20 tahun yang lalu.

Seorang pria menemukan naskah Deklarasi Kemerdekaan tahun 1920 di sebuah toko barang bekas. (Getty Images)

Namun tak dinyana, sesampainya di rumah, di dalam bingkai lukisan itu terdapat secarik kertas yang adalah naskah Deklarasi Kemerdekaan AS -dokumen tersohor yang menandai berdirinya sebuah kekuatan adi daya.

Naskah itu merupakan cetakan keempat dari 24 cetakan pertama Deklarasi Kemerdekaan AS, akhirnya dilelang dengan harga luar biasa senilai $2,42 juta atau Rp34 miliar pada 1991 - jika dibandingkan dengan zaman sekarang, nilainya setara dengan Rp46 miliar!

2. Datang dari luar angkasa

Benda-benda berharga bukan hanya berasal dari planet Bumi. Awal tahun ini seorang pria tak menduga bahwa batu yang yang ia gunakan untuk ganjal pintu di rumahnya selama 30 tahun ternyata adalah sebuah batu meteor!

Batu yang selama ini dijadikan ganjal pintu ternyata adalah sebuah batu meteor. (Central Michgan University)

Untuk memastikannya, ia mendatangi seorang profesor untuk meneliti jenis batu tersebut.

Sang profesor pun akhirnya membenarkan bahwa itu adalah batu meteor terbesar yang pernah dilihat sepanjang hidupnya dan jika dijual nilai batu itu bisa mencapai harga $100.000 atau Rp 1 miliar.

3. Penemuan dunia baru dalam sebuah 'sumur'

Pada tahun 1974, sekelompok petani di Cina menggali sebuah sumur air yang sangat dalam di dekat situs makam Kaisar.

Sumur itu memiliki kedalaman sekitar 1,5 kilometer!

Saat mereka menggali lebih dalam, mereka menemukan sosok luar biasa yang seluruhnya terbuat dari tanah liat - sosok prajurit yang siap untuk berperang!

Ribuan patung tentara terakota ini ditemukan sekelompok petani di Cina tahun 1974. (Getty Images)

Para arkeolog datang ke lokasi penggalian itu dan tak dinyana di sana mereka tak hanya menemukan satu atau dua patung, namun ribuan patung tentara yang terbuat dari tanah liat terkubur di bawahnya!

Namun ngomong-ngomong soal penemuan mengejutkan....

4. Penemuan tinja manusia purbakala

Tentang yang ini, bagaimana kita membicarakannya. Apa boleh buat: ini memang seonggok tinja. Ya: tahi, kotoran manusia.

Tapi jangan dulu merasa jijik atau menganggapnya jorok. Alkisah, pada 1991 sejumlah arkeolog menggali lahan di sebuah parkiran mobil.

Siapa menyangka, mereka menemukan tinja. Namun, ini bukan tinja biasa: kotoran itu diperkirakan berumur 1.000 tahun dan merupakan kotoran manusia.

Tak lama setelah ditemukan, tinja itu dipajang di sebuah museum. Membuktikan bahwa bisa saja apa yang menjadi kotoran manusia, bisa menjadi benda berharga yang bagai harta karun, 1.000 tahun kemudian - di abad ke-21!

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini