nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penularan HIV dan AIDS di Cirebon Tinggi

Fathnur Rohman, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 17:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 03 525 1986269 penularan-hiv-aids-di-cirebon-tinggi-coOKkCVdRB.jpg Ilustrasi. Okezone/Asri Dwi Putra

CIREBON - Wilayah Cirebon Jawa Barat, menjadi daerah dengan penyebaran HIV/AIDS yang tergolong tinggi. Penularan virus ini terbilang cukup masif dan sudah merenggut ratusan jiwa dari berbagai kalangan.

Tercatat di Kabupaten Cirebon sudah 222 jiwa yang mengidap HIV/AIDS periode Januari-Oktober 2018. Sedangkan di Kota Cirebon, ditemukan 58 kasus pengidap HIV/AIDS.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon Sri Maryati mengatakan, total ada 984 kasus HIV/AIDS yang berhasil didata oleh KPA Kota Cirebon. Sedangkan 58 dari temuan kasus itu, 62 persennya merupakan remaja.

“Kalau untuk remaja atau usia produktif, itu sekitar 62 persen,” ujar Sri, Senin (3/12/2018).

Foto: Okezone/Fathnur Rohman

Sri juga mengatakan, mayoritas pengidapnya memiliki KTP Kota Cirebon. “Selebihnya luar Kota Cirebon, mungkin mereka beraktivitas di sini," katanya.

Baca: Angka Penderita AIDS di Kota Bandung Terus Meningkat

Baca: 2.274 Orang Terpapar HIV/AIDS di Jateng, Penularan Didominasi Hubungan Seks

Sementara itu, Nanang Rudiana, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, mengatakan, bahwa dalam kurun waktu 18 tahun terakhir, ada 1.756 orang positif mengidap HIV/AIDS di Kabupaten Cirebon.

Ia juga mengaku, jumlah tersebut akan terus bertambah karena masih banyak yang belum terperiksa.

“Kalau total kasus dari tahun 2000-2018 atau dalam kurun waktu 18 tahun ada 1.756 yang baru terperiksa. Karena ini fenomena gunung es, pasti masih banyak yang belum terperiksa,” ujarnya.

Fakta tersebut merupakan catatan hitam, karena setiap tahun kasus HIV/AIDS baik di Kota atau Kabupaten Cirebon terus meningkat. Artinya, saban tahun jumlah penderita HIV/AIDS sedikitnya menembus angka 100 orang.

Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon meminta masyarakat untuk proaktif memeriksakan kesehatan. Apabila dinyatakan terjangkit HIV, mereka dapat segera ditangani tim medis.

Sedangkan KPA Kota Cirebon berharap, agar masyarakat tidak memberi stigma negatif kepada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini