nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UI Dorong Wajib Pajak Hotel di Tegal Gencarkan Online Marketing

Mulyani, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 13:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 03 65 1986088 ui-dorong-wajib-pajak-hotel-di-tegal-gencarkan-online-marketing-41BTaBISKj.jpg (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Di era pasar digital saat ini sebagian besar pengusaha hotel, yang lebih suka disebut sebagai pemilik penginapan di Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah masih menggunakan model pemasaran secara konvensional dalam menjajakan fasilitasnya.

Usaha penyediaan akomodasi misalnya, alih alih menggunakan media daring sebagai sarana promosi, mereka masih menjajakan fasilitasnya dengan menawarkan kepada setiap calon pengunjung yang lewat dan mouth to mouth marketing.

Guci sendiri terkenal dengan wisata pemandian air panas yang mengandalkan kekayaan sumber daya alamnya untuk perekonomian penduduk sekitar, termasuk sektor pariwisata. Salah satu sektor usaha yang berkembang dari wisata di Guci ini berupa usaha penyediaan akomodasi, makanan, dan minuman yang dalam rentang waktu 2010-2016 mencapai pertumbuhan sekitar 52% berdasarkan data yang diolah dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal.

Oleh karena itu, tim dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) yang bertajuk Pelatihan Online Marketing bagi Wajib Pajak Hotel di Daerah Wisata Guci, Kabupaten Tegal pada 31 Juli 2018 di UPTD Guci. Demikian terungkap dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (3/12/2018).

(Foto: UI)

Tim Pengmas yang diketuai oleh Neni Susilawati, Dosen Ilmu Administrasi Fiskal FIA UI menyebut, kegiatan pengmas ini terdiri dari dua bagian. Pertama adalah penyuluhan tentang urgensi dan dahsyatnya online marketing dalam meningkatkan omzet usaha yang disampaikan oleh tim dosen.

Kedua, adalah workshop penggunaan online marketing bagi para pemilik penginapan yang disampaikan oleh tim mahasiswa. Setelah selesai memperoleh pelatihan ini, para peserta menjadi mampu mengubah strategi marketingnya dari model konvensional menjadi model digital.

Promosi usaha dengan online marketing memiliki dampak luar biasa dalam meningkatan omzet dan memelihara pelanggan. Minimal, pengusaha penyediaan jasa akomodasi ini dapat memanfaatkan the power of social media seperti Facebook, Instagram dan jenis media sosial lain untuk mempromosikan usahanya secara gratis dan mudah.

Baca juga:  UI dan Universitas Jepang Kerjasama Double Degree S3 untuk Program Studi Fisika

Kegiatan ini disambut baik oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tegal karena dapat membantu meningkatkan kapasitas pengelola usaha penginapan dan diharapkan tim pengabdi masyarakat ini dapat meluaskan kegiatannya ke desa lain yang baru saja dicanangkan sebagai desa wisata. Kegiatan ini juga diapresiasi oleh Badan Pengelola Pajak Daerah (BP2D) Kabupaten Tegal karena pada akhirnya, sejalan dengan meningkatkan pendapatan usaha, potensi penerimaan Pajak Hotel dan Restoran pun akan meningkat.

Saat ini BP2D tengah menjalankan program yang bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran dengan suatu program edukasi yang tim peneliti dari FIA UI sebut sebagai program Baranta (Banner, Brankas, dan Nota). Baranta merupakan program yang memberikan fasilitas untuk membantu mempermudah menjalankan kewajiban perpajakan berupa Banner yang berisi informasi tentang subjek pajak, objek pajak, dan tariff pajak,

Brankas untuk memisahkan uang pajak dengan uang pendapatan dari hotel dan restoran, serta nota yang digunakan untuk mencatat penjualan. Program ini sangat sederhana karena disesuaikan dengan karakteristik wajib pajaknya yang rata-rata memiliki tingkat pendidikan setingkat SD, sehingga diharapkan tujuan program dapat diterima dengan baik oleh sasaran target program.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini