nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Naik Xmax di Pabrik Yamaha sebagai Perayaan Ekspor 1.5 Juta Unit

Mufrod, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 10:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 04 15 1986526 rayakan-ekspor-1-5-juta-unit-jokowi-naik-xmax-di-pabrik-yamaha-Sr55AstWJO.jpg Jokowi naik Yamaha Xmax (foto: Ist)

JAKARTA - Indonesia saat ini telah menjadi negara basis ekspor di industri automotif baik mobil maupun sepeda motor. Merayakan ekspor Yamaha yang tahun ini mencapai 1.5 juta unit, Presiden Jokowi mengendarai skuter matik Xmax di pabrik Yamaha.

Dengan pengiriman yang cukup banyak, Jokowi sangat senang dengan pertumbuhan industri automotif nasional. Kebanggaan ini diungkap orang nomor satu Indonesia tersebut, karena selama ini angka impor dinilai pemerintah lebih banyak dari ekspor.

Terlebih sepeda motor rakitan anak bangsa di pabrik global PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, telah diterima dengan spesifikasi standar berbeda dari setiap negara. Kualitas sepeda motor rakitan Indonesia tentunya mampu bersaing dengan negara pengekspor lain.

 

Ekspor Yamaha yang terus meningkat dari 2,3 ribu unit di 2014 hingga kini total mencapai 1,5 juta ke 45 negara pun direspons positif Jokowi.

"Ekspor tinggi, investasi besar, dan lokal kontens 94% ini investasi yang kita cari karena kalau ekspor bahan dari impor bikin defisit neraca perdagangan," jelas dia.

Menurut dia, motor Yamaha juga sempat dipakainya dalam atraksi di Asian Games 2018. Dia pun membuka pintu lebar bagi Yamaha untuk terus melebarkan sayapnya di Indonesia.

"Saya enggak mau ada hambatan misalnya urusan perizinan. Sampaikan ke menteri enggak mempan sampaikan ke saya karena Yamaha kawan lama sejak 1974 sudah 44 tahun," pungkas Jokowi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini