nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hyundai Terapkan Teknologi Mobil Listrik yang Telah Ada Sejak 1950

Mufrod, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 11:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 04 15 1986553 hyundai-terapkan-teknologi-mobil-listrik-yang-telah-ada-sejak-1950-chwFVzAzK1.jpg Mobil listrik Hyundai gunakan solar panel (Foto: Autoevolution)

SEOUL - Ditengah produsen banyak mengembangkan teknologi kapasitas baterai untuk mobil listriknya, Hyundai dan KIA belakangan justru mengembangkan teknologi yang sudah pernah diterapkan sejak 1950 yakni mobil solar panel.

Saat ini Hyundai tengah serius melakukan pengembangan sistem pengisian tenaga baterai menggunakan solar panel, sehingga mobil listrik Hyundai nantinya tidak akan mengandalkan sistem pengisian listrik konvensional.

Perangkat solar panel sendiri nantinya tak hanya disematkan pada mobil listriknya saja, Hyundai juga akan menggunakan pengisian tenaga listrik dari solar panel pada mobil hybridnya.

 

Hyundai mengatakan sistem yang dikerjakannya hanya memiliki tiga komponen: panel surya, pengontrol dan baterai. Panel surya tentu saja dimaksudkan untuk menangkap energi Matahari. Kontroler diharapkan untuk mengontrol tegangan dan arus dengan bantuan Pelacakan Titik Daya Maksimum (MPPT), memungkinkan untuk memaksimalkan arus yang dihasilkan oleh panel surya.

Daya ini diubah dan kemudian disimpan dalam baterai sistem atau digunakan ketika mobil memerlukan lebih banyak jus untuk mengurangi beban pada generator arus bolak-balik (AC).

 

Hyundai mengatakan akan mengembangkan tiga jenis panel surya, yang dimaksudkan untuk masing-masing dari tiga kelompok utama mobil: pembakaran internal, hibrida dan listrik. Demikian seperti dikutip dari Autoevolution, Selasa (4/12/2018).

Menggunakan atap matahari untuk memberikan tenaga ke mobil pembakaran internal adalah yang pertama di industri, terutama ketika mempertimbangkan fakta bahwa Hyundai berencana untuk melakukannya pada model produksi volume.

Agar menjadi semi-transparan, teknologi generasi kedua ini juga dapat diintegrasikan ke dalam atap panoramik, yang menjadikan keduanya sebagai aplikasi yang estetis dan berguna dari teknologi.

 

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini