nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tuntutan Baru untuk Mantan Bos Aliansi Nissan-Renault & Mitsubishi

Mufrod, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 18:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 04 15 1986812 tuntutan-baru-untuk-mantan-bos-aliansi-nissan-renault-mitsubishi-qRGeSDuL3x.jpg Carlos Ghosn (foto: Ist)

TOKYO - Mantan bos aliansi Nissan-Renault dan Mitsubishi saat ini menghadapi tuntutan baru dari Jaksa Jepang yang sebelumnya telah menahan Carlos Ghosn terkait tuduhan tidak melaporkan dana puluhan juta dollar yang menjadi uang perusahaan.

Baru-baru ini tuntutan baru dialamatkan ke Ghosn terkait adanya manipulasi terhadap pendapatan Ghosn yang tidak sesuai dengan fakta yang diterimanya. Dalam laporan seperti dikutip dari CNBC, Ghosn telah mengecilkan laporan pendapatannya.

 

Ghosn berkomplot dengan Nissan Greg Kelly untuk mengecilkan kompensasinya menjadi sekitar setengah dari USD88 juta yang diterima dari 2011 hingga 2015. Akibatnya, eksekutif telah menipu otoritas Jepang atas pajak yang terhutang sekitar USD35 juta.

Selain masalah dengan pihak berwenang, Ghosn juga dituduh telah menipu kepercayaan Nissan dengan membuat perusahaan membayar untuk liburan pribadi, membeli rumah dan memberikan sumbangan atas namanya.

 

Pada akhir bulan lalu, Nissan mengatakan memutuskan untuk menyingkirkan CEO dan mencari nasihat tentang cara melanjutkan selanjutnya dari pihak ketiga yang independen. Perusahaan memilih pada pembentukan komite penasihat yang diketuai oleh Masakazu Toyoda, yang ditugaskan untuk mencari ketua berikutnya.

Renault juga secara resmi meminta Nissan "untuk memberikan semua informasi yang mereka miliki yang muncul dari penyelidikan internal yang terkait dengan Mr. Ghosn."

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini