nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khawatir Diinvasi, Ukraina Kirimkan Tentaranya ke Perbatasan Rusia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 16:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 04 18 1986716 khawatir-diinvasi-ukraina-kirimkan-tentaranya-ke-perbatasan-rusia-qPclDGJv5Q.jpg Foto: Reuters.

KIEV – Ukraina mulai memanggil anggota pasukan cadangannya dan mengirimkan mereka ke daerah perbatasan Rusia untuk menghadapi apa yang disebut oleh Presiden Petro Poroshenko sebagai ancaman invasi Rusia yang semakin besar. Poroshenko mengatakan bahwa tindakan itu diambil seiring dengan bertambahnya jumlah pasukan Rusia di perbatasan dan di Krimea.

Sehari sebelumnya, Poroshenko mengatakan bahwa Rusia tengah berusaha merebut kota pelabuhan besar Mariupol dan membuat sebuah koridor ke Krimea. Tuduhan itu dibantah juru bicara Kremlin yang menyebutnya sebagai pernyataan yang absurd dan balik menuduh Ukraina berusaha melakukan provokasi untuk menambah ketegangan menjelang pemilihan umum pada Maret mendatang.

BACA JUGA: Ukraina Larang Pria Rusia Masuki Wilayah Negaranya

Ketegangan antara Ukraina dan Rusia bermula pada pekan lalu saat Rusia menembak dan menahan kapal angkatan laut Ukraina yang dianggap memasuki wilayah Rusia di Laut Azov, Krimea. Para pelaut Ukraina yang ditahan dalam insiden itu juga diancam dengan hukuman penjara sampai enam tahun atas tuduhan pelanggaran wilayah perbatasan Rusia.

BACA JUGA: Putin Tuding Ukraina Sengaja Picu Konfrontasi Laut dengan Rusia

Telegraph, Selasa (4/12/2018) melaporkan bahwa pada Minggu, militer Ukraina mengatakan telah mulai memanggil lini pertama tentara cadangan aktifnya, yang mencakup laki-laki hingga usia 40 tahun yang sebelumnya telah menjalani pelatihan pasukan bersenjata, dan memanggil taruna-tarunanya. Angkatan bersenjata Ukraina juga berencana menggelar latihan di dua daerah di dekat Krimea.

Sementara Rusia telah menggerakkan kapal anti-rudalnya ke Selat Kerch dan mengirimkan sistem pertahanan udara S-400 tambahan di Krimea.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini