nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Korsel: Kim Jong-un Mungkin Akan Kunjungi Seoul

Indi Safitri , Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 18:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 04 18 1986769 presiden-korsel-kim-jong-un-mungkin-akan-kunjungi-seoul-oRk1tyEpIZ.jpg Foto: AFP.

WELLINGTON - Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in pada Selasa, 4 Desember mengatakan bahwa kunjungan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mungkin akan terjadi. Dia mengatakan bahwa jika terwujud, kunjungan tersebut akan membantu hubungan antara Korea Utara dan Amerika Serikat (AS).

Komentar itu disampaikan Moon menjawab pertanyaan wartawan selama kunjungannya ke Selandia Baru mengenai kapan kemungkinan Kim Jong-un berkunjung ke Seoul.

BACA JUGA: Beberapa Hal Menarik dari KTT Antar-Korea di Pyongyang

“Ini akan menjadi pertama kalinya seorang pemimpin Korea Utara mengunjungi Korea Selatan, jadi meskipun tidak ada kerangka waktu untuk itu, tetapi tetap saja itu sangat berarti,” ujar Moon sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (4/12/2018).

Dia mengatakan kunjungan semacam itu akan "mempercepat denuklirisasi di Semenanjung Korea" dan menghasilkan "langkah besar dalam peningkatan hubungan" antara Korea Utara dan AS.

Korea Selatan telah berusaha untuk menyeimbangkan kemajuan hubungannya dengan Korea Utara tetapi juga menjaga agar tetap dekat dengan Washington.

Pada pertemuan pada Juni, Kim Jong-un dan Presiden AS, Donald Trump menyatakan setuju untuk bekerja menuju denuklirisasi Semenanjung Korea. Namun, sejauh ini kedua belah pihak hanya membuat sedikit kemajuan dan belum mengambil langkah konkret ke arah itu.

Korea Utara telah dibuat marah oleh penolakan Washington untuk meringankan sanksi dan telah memperingatkan pihaknya untuk dapat melanjutkan pengembangan program nuklirnya.

Wakil Presiden AS, Mike Pence mengatakan bulan lalu Trump akan mendorong rencana konkret yang menguraikan langkah-langkah Pyongyang untuk mengakhiri program nuklir dan rudalnya.

BACA JUGA: "Anjing Perdamaian" Hadiah Kim Jong-un Lahirkan Enam Ekor Anak

Pada Sabtu, Trump mengisyaratkan bahwa ia kemungkinan akan bertemu dengan Kim lagi pada bulan Januari atau Februari.

Moon berbicara tidak lama setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern di mana mereka mendiskusikan cara mencapai denuklirisasi Semenanjung Korea.

"Sikap Selandia Baru pada non-proliferasi nuklir jelas dan harapan kami berharap pada 2019 dapat melihat kemajuan lebih lanjut menuju pencapaian denuklirisasi Korea Utara dalam cara yang lengkap, dapat diverifikasi, tidak dapat diubah dan perdamaian abadi di Semenanjung Korea," kata Ardern di dalam sebuah pernyataan yang disebarkan melalui surel.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini